10 Museum Dinosaurus Terbaik di Dunia

By , Minggu, 21 Juni 2015 | 11:30 WIB

Saat ini dinosaurus memang telah punah. Namun, keberadaannya selalu mengundang rasa ingin tahu banyak orang. Untuk mengetahui keberadaannya, anda tak hanya bisa melihat melalu gambar atau layar kaca saja. Sudah ada banyak museum bertemakan dinosaurus di berbagai belahan dunia. Di dalamnya, pengunjung dapat melihat banyak rangka hewan purba ini ditampilkan. Dilansir dari CCN.com, berikut 10 museum dinosaurus terbaik di dunia.

1. Museum für Naturkunde (Berlin, Jerman)

Museum sains di Berlin ini merupakan rumah bagi koleksi tulang-tulang yang digali dari Tanzania di abad ke-20 dan menampilkan berbagai macam spesies. Yang paling mengesankan adalah Brachiosaurus berukuran  41-kaki 5-inci. Fosil ini pemegang rekor di Guinness World Record dan mendominasi pandangan di ruangan galeri. Museum ini juga memiliki fosil Archaeopteryx terpenting di dunia yang menunjukkan hubungan antara dinosaurus dan burung.

2. Field Museum (Chicago, Amerika Serikat)

 

Field Museum, Chicago (CNN/Field Museum)

Museum dengan tema perkembanganplanet ini didedikasikan untuk 4 miliar tahun evolusi dinosaurus, seperti di Madagaskar dan Antartika. Daya tarik utama sudah tampak dari pintu masuk. Anda akan menemukan Sue, Tyrannosaurus terbesar di dunia, yang menyambut pengunjung museum sains Chicago.

Ia merupakan spesimen paling menarik di museum tersebut. Bagaimana tidak? Sue merupakan tengkorak asli, seberat 600 kilogram dan memiliki 58 gigi!

!break!

3. Royal Belgian Institute of Natural Science (Brussels, Belgia)

 

Royal Belgian Institute of Natural Science, Brussels (CNN/Royal Belgian Institute of Natural Science)

Dengan ruang pameran dinosaurus terbesar di dunia, museum ini memiliki koleksi fosil tengkorak dan rangka cetakan gips yang mengesankan. Terdapat 30 Iguanodons, dinosaurus yang diklasifikasikan dalam tahun 1800-an. Hewan ini memiliki tanduk runcing aneh yang awalnya paleontologis kira merupakan cula di hidung mereka. Di galeri ini juga terdapat pameran Interaktif tentang detail proses fosilisasi dan penggalian fosil dinosaurus penggalian.

4. National Dinosaur Museum (Canberra, Australia)

 

National Dinosaurs Museum, Australia (CNN/National Dinosaurs Museum)

Museum ini merupakan tempat yang tepat untuk menjelajahi zaman prasejarah di Australia. Tempat ini memiliki koleksi fosil dinosaurus terbesar di Australia. Selain fosil, tulang dan jejak mengesankan dari segala macam hewan, museum ini juga memiliki taman dengan patung dinosaurus. Museum ini juga menyediakan layanan tur bagi anak-anak untuk mempelajari bagaimana penggalian fosil dilakukan.