Jutaan Laba-laba Raksasa Menginvasi Georgia, Amerika Serikat

By Utomo Priyambodo, Selasa, 16 November 2021 | 17:00 WIB
Laba-laba Joro menginvasi negara bagian Georgia. (University of Georgia)

Nationalgeographic.co.id—Jutaan laba-laba raksasa telah menginvasi Georgia, negara bagian Amerika Serikat. Hewan-hewan itu telah menakut-nakuti penduduk dan membuat jaring pemintalan sedalam 3 meter.

Beranda, saluran listrik, kotak surat, dan petak-petak sayuran di lebih dari 25 kabupaten di negara bagian itu telah diselimuti jaring laba-laba Joro kuning cerah. spesies invasif yang berasal dari Asia Timur ini memiliki nama ilmiah Trichonephila clavata.

Spesies laba-laba ini pertama kali terlihat di Amerika Serikat pada tahun 2014. Laba-laba itu terlihat di 128 kilometer timur laut Atlanta, ibu kota Georgia, dan berukuran 7,6 sentimeter.

Penemu laba-laba itu, Rick Hoebeke, manajer koleksi di Museum Sejarah Alam Georgia, mengatakan bahwa kemungkinan laba-laba itu menumpang kontainer pengiriman sehingga bisa berada di Georgia. Sejak saat itu, populasi dan jangkauan laba-laba tersebut telah berkembang dengan mantap di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Namun begitu, tidak ada yang mempersiapkan penduduk atau para peneliti untuk menghadapi jumlah laba-laba yang sedemikian besar pada tahun ini.