Sepatu Pengubah Sejarah Dunia

By , Kamis, 25 Juni 2015 | 14:00 WIB

BBC Culture menyiapkan sejumlah sepatu yang dianggap berperan penting dalam sejarah perubahan dunia.

Sandal Emas (Sekitar 30 SM - 300 M)Sepatu selalu menjadi simbol status yang kuat, bahkan di zaman kuno, seperti sandal berhias yang rapuh dari zaman Mesir Romawi seperti foto di atas.Dipercantik daun emas nyaris murni, sepatu ini adalah benda yang langsing, canggih dan cantik.Tetapi sandal ini tidak ada hubungannya dengan bentuk kaki manusia yang sebenarnya, sehingga alas kaki ini memulai tradisi yang mengubah kaki kita karena berbagai alasan.Seringkali, selain kenikmatan, sepatu mahal dapat membuat pemakainya merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Mojari Emas (1790-1820)

 

Mojari Emas (1790-1820) (bbc.com/Bata Shoes Museum)

Sandal laki-laki mewah, yang kemungkinan besar dibuat di Hyderabad, India, membuat sandal berhias Mesir kuno terlihat biasa.Bagian atasnya yang terbuat dari kulit seluruhnya dibordir emas, sementara bagian lainnya dihiasi disain emas dengan batu berharga termasuk berlian, zamrud dan delima.Kualitas bentuknya sangat tinggi, pemiliknya kemungkinan Nizam Hyderabad dan sepertinya belum pernah dipakai.Siapapun pemiliknya menginginkan kakinya menunjukkan kekayaan dan kekuasaannya yang tidak terbatas.!break!

Sepatu Ballet Merah (1948)

 

Sepatu Ballet Merah (1948) (bbc.com/VA)

Selain mengacu kepada kekuasaan, sepatu juga dapat menjadi obyek fantasi.

Sepatu berperan penting dalam dongeng dan cerita rakyat: ketika kaki Cinderella dapat memasuki sandal kaca, misalnya, dia naik derajadnya dari pembantu menjadi seorang putri.

Versi lain dari cerita Cinderella, tentang seorang penguasa Mesir, gadis budak Yunani dan 'pengujian ukuran sandal', dapat ditelusuri sampai ke abad pertama Masehi.

Sepatu balet merah yang terbuat dari kain satin sutra dan kulit ini dibuat untuk Moira Shearer yang membintangi film The Red Shoes buatan Michael Powell dan Emeric Pressburger pada tahun 1948.

Film ini didasarkan dongeng Hans Christian Andersen.