5 Alasan Mengapa Gili Trawangan Lebih Eksotis daripada Bali

By , Senin, 22 Juni 2015 | 15:20 WIB

Siapa yang tidak terpukau dengan keindahan Gili Trawangan? Lanskap pulau yang masih alami, bersih, dan luar biasa elok membuat banyak wisatawan ingin merasakan sensasi liburan di pulau ini. Apalagi, menurut survei yang dihimpun oleh salah satu situs perjalanan terbesar di dunia, Gili Trawangan merupakan pulau wisata paling terjangkau dari segi biaya pengeluaran per harinya (termasuk penginapan, makanan, layanan pijat, dan lain-lain), dibandingkan dengan pulau wisata lain yang ada di Asia Tenggara, bahkan Pulau Bali.

Lalu, apa daya tarik lain yang membuat Gili Trawangan berhasil menandingi popularitas Pulau Bali hingga banyak wisatawan mulai beralih mengunjungi pulau ini? Simak saja ulasannya berikut ini:

1. Panorama pantai nan menakjubkan

Pulau yang juga lazim disebut "Gili T" oleh para turis ini terkenal dengan panorama pantai yang eksotis dan menawan. Percayalah, sejauh mata memandang ke segala arah, Anda akan terpukau oleh perpaduan langit biru, air laut berwarna pirus berkilau, dan garis pantai berpasir putih tanpa batas! Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam sekaligus dalam satu hari.

Pasalnya, Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke barat maupun timur. Pantainya pun memiliki pesona yang berbeda di setiap sisinya. Pantai yang berada di timur lebih ramai oleh wisatawan dan penduduk lokal karena dekat dengan dermaga dan merupakan pusat aktivitas ekonomi di pulau tersebut. Berbeda dengan pantai di sisi barat yang lebih sepi.

Panorama pantai Gili Trawangan telah populer ke mana-mana. Saat senja, keindahan itu tersaji dengan jelas. (Thinkstock)

Meski sepi, tapi bukan berarti Anda bakal kekurangan pilihan aktivitas. Apalagi yang lebih menggiurkan daripada bersantai di tempat tidur gantung tepi pantai sembari membaca buku atau sekadar menikmati suara ombak dan sayup angin? Sewaktu-waktu ingin berenang, Anda tinggal melangkah karena laut adalah pekarangan Anda! Kala sore tiba, silakan duduk manis menanti matahari terbenam bersama orang tercinta.

2. Lihatlah, bawah laut yang memukau

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Gili Trawangan adalah pesona laut yang sangat menakjubkan. Air lautnya yang jernih membuat berbagai biota yang hidup di dalamnya begitu mudah terlihat. Sayang sekali bila Anda ke Gili Trawangan tanpa mencoba sensasi snorkeling atau diving di sekitar pulau ini.

Lihatlah ke dalam air laut yang membiru. Perairan dangkal Gili Trawangan mengantarkan kita pada kecantikan biota laut yang cantik. Salah satunya, ikan badut. (Thinkstock)

Arus laut yang tenang akan menambah kenikmatan Anda saat menyelam. Di sini, Anda akan menemui kumpulan hewan laut yang cantik, seperti clown fish, atau biasa disebut ikan nemo. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat terumbu karang aneka warna yang dapat menjadi obat penghilang stres selama menjalani kehidupan sehari-hari di tempat tinggal Anda.

3. Terbebas dari kemacetan dan polusi kendaraan

Sumpek dengan polusi kendaraan bermotor di kota tempat Anda tinggal? Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mengunjungi Gili Trawangan. Dijamin, Anda tidak akan menemui kendaraan bermotor di seluruh sudut pulau, sebab kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di pulau ini. Sebagai gantinya, transportasi yang digunakan baik oleh penduduk lokal dan wisatawan untuk mengitari pulau adalah sepeda dan cidomo. Cidomo adalah kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Rata-rata, penginapan di Gili T menyediakan fasilitas rental sepeda dengan tarif beragam, mulai dari Rp40.000 hingga Rp75.000 per hari. Sedangkan cidomo dipatok sekitar Rp75.000 sampai Rp100.000 untuk satu kali perjalanan, tergantung jarak yang hendak ditempuh. Kereta ini bisa memuat hingga enam penumpang dan mudah ditemukan di area pusat pulau, tepatnya sekitar pasar seberang dermaga.

Gili Trawangan membebaskan kita dari rutinitas kota besar. Tiada kemacetan dan polusi kendaraan di tempat ini. (Thinkstock)

4. Penduduk yang ramah dan bersahabat