Supersaurus Dikabarkan Jadi Dinosaurus Terpanjang yang Pernah Ada

By Maria Gabrielle, Rabu, 17 November 2021 | 10:00 WIB
Supersaurus, diduga sebagai dinosaurus terpanjang. (Sean Fox/Fossil Crates)

Nationalgeographic.co.id—Hewan purba dinosaurus kerap dikenal karena memiliki ukuran yang mencengangkan. Tampaknya, rekor dinosaurus terpanjang di dunia akan disematkan kepada Supersaurus.

Supersaurus adalah diplodocid – sauropoda berleher panjang dengan ekor seperti cambuk. Dilansir dari Live Science, berdasarkan penelitian baru yang dipelopori oleh Brian Curtice, seorang ahli paleontologi di Arizona Museum of Natural History, Supersaurus memiliki panjang 39 meter, bahkan mungkin bisa mencapai 42 meter dari moncong ke ekor.

Hewan purba yang hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu atau selama periode Jura ini selalu dipandang sebagai salah satu dinosaurus terpanjang. Namun, penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan menunjukkan bahwa Supersaurus merupakan dinosaurus terpanjang berdasarkan kerangka yang layak, karena sisa-sisa dinosaurus lainnya terpisah-pisah sehingga sulit untuk menentukan panjangnya secara akurat.

Tidak hanya itu bahkan ukuran Supersaurus yang lebih pendek masih lebih panjang dari pesaingnya, Diplodocus yang bisa mencapai panjang 33 meter menurut sebuah studi di tahun 2006 lalu. Sebagai informasi, penelitian ini belum dipublikasikan dalam bentuk jurnal namun sudah dipresentasikan secara online awal November ini di konferensi tahunan Society of Vertebrate Paleontology.

Halaman berikutnya...