8 Ide Liburan Anak di Jakarta dan Sekitarnya

By , Minggu, 28 Juni 2015 | 18:30 WIB

Menghabiskan weekend tak harus dengan bepergian jauh. Apalagi, kali ini liburan sekolah anak bertepatan dengan bulan puasa. Beberapa ide lokasi liburan anak di Jakarta dan sekitarnya bisa menjadi tempat asyik menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

1. Ekowisata di Pantai Indah Kapuk

Nama lokasi ekowisata ini adalah Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kawasan pelestarian alam ini menawarkan pengalaman baru, yaitu menikmati keindahan hutan di kota Jakarta. Menempati area hampir 100 Ha, wilayah ini didominasi mangrove yang berfungsi meredam banjir.

Terdapat beragam jenis mangrove di TWA Angke Kapuk, di antaranya Api-api, Bidara, dan Bakau. Ada pula jenis-jenis fauna, seperti pecuk ular, kawok maling, kuntul putih, kuntul kerbau, ikan glodok, udang bakau, kepiting, hingga biawak. Seru, lo, untuk ide liburan anak di Jakarta yang mendekatkan Anda dan buah hati pada alam!

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan pun beragam, mulai dari menanam bibit mangrove, berwisata hutan sambil melakukan kegiatan fotografi, hingga berwisata air dengan menggunakan perahu kayu atau perahu karet.

Kegiatan menginap juga dapat dilakukan di sini. Ada beberapa pilihan tempat menginap, camping ground, pondok alam, honeymoon cottage, dan villa.

2. Perpustakaan Anak Rimba Baca

Menanamkan kebiasaan suka membaca pada anak salah satunya bisa dengan cara mengajak mereka ke perpustakaan di akhir pekan. Biarkan anak memilih buku yang mereka sukai, namun tetap dengan pengawasan orangtua. Di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan terdapat Perpustakaan Anak Rimba Baca yang memiliki koleksi lebih dari 4000 buku. Mayoritas buku berbahasa Inggris dan dikelompokkan berdasarkan usia pembaca.

Perpustakaan dua lantai ini memiliki ruang baca anak di lantai pertama dan ruang baca dewasa di lantai kedua. Suasana dibuat sangat nyaman dengan meja dan sofa warna-warni. Selain membaca, Si kecil bisa memilih kegiatan mewarnai, melukis, atau membuat origami di area art and craft.!break!

3. Museum Layang-layang

Terletak di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, museum ini sangat menarik dikunjungi bersama buah hati. Terdapat lebih dari 500 koleksi layang-layang dalam bentuk kerangka unik, seperti ikan, kumbang, dan menggunakan aneka bahan anyaman.

Koleksi layang-layang dibagi tiga, yaitu layang-layang tradisional, kreasi, dan olahraga. Museum ini menjadi museum layang-layang ketiga di dunia setelah China dan Malaysia. Si Kecil juga bisa membuat layang-layang di sini.

4. Taman Margasatwa