Lebih Banyak Serangan Hiu Mungkin Akan Terjadi di North Carolina

By , Sabtu, 4 Juli 2015 | 10:30 WIB

Sudah ada enam serangan hiu di North Carolina tahun ini, dan semuanya terjadi di bulan Juni. Jumlah ini bahkan lebih banyak dari serangan yang terjadi tahun lalu, dan hanya ada 55 serangan hiu yang terdokumentasi di daerah tersebut antara 1905 dan 2014.

George H. Burgess, direktur International Shark Attack File di Florida Museum of Natural History, mengatakan bahwa di seluruh Amerika Serikat peningkatan serangan hiu berada di kecepatan rata-rata, dan kemungkinan bisa terserang hiu adalah kecil. Tapi, ia menambahkan, "Ada sesuatu yang terjadi di North Carolina sekarang."

Inilah alasannya:

1. Cuaca yang lebih hangat

Sebagian besar serangan hiu di North Carolina terjadi ketika suhu air mencapai sekitar 27 derajat Celsius, yang terjadi awal tahun ini, pada bulan April. Kebanyakan hiu lebih suka air hangat, dan inilah yang menarik mereka dari selatan.

Cuaca yang lebih hangat juga menarik lebih banyak orang ke pantai dan membujuk mereka untuk berenang untuk mendinginkan badan, sehingga lebih banyak kesempatan dalam serangan hiu.

2. Salinitas tinggi

North Carolina telah mengalami kekeringan tahun ini, yang berarti lebih sedikit air hujan telah mengalir dari tanah ke laut. Itu yang membuat perairan langsung dari pantai kurang cair, dan karena itu lebih asin dari biasanya. Kebanyakan hiu lebih suka air asin, kata Burgess.

3. Umpan bagi hiu

Menhaden, alias "ikan umpan", banyak tersebar di North Carolina musim panas ini. Ikan-ikan kecil ini adalah mangsa favorit hiu, yang sering mengikuti hiu dari jarak jauh.

"Dengan adanya hiu, lebih banyak orang, dan ikan umpan, terbentuklah formula akan lebih banyaknya gigitan hiu," kata Burgess. 

Dia menambahkan bahwa berdasarkan lokasi dan karakteristik gigitan hiu, hiu banteng atau hiu harimau adalah yang paling mungkin menjadi tersangka serangan akhir pekan ini.

4. Memancing di dekat perenang