Heboh Penemuan Emas Berasal dari Zaman Besi Tertua di Inggris

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 17 November 2021 | 13:00 WIB
Cincin leher ini konon dikenakan oleh wanita kaya, orang-orang dari benua lain yang telah menikah dengan komunitas lokal. (Staffordshire County Council/Histecho)

 

Nationalgeographic.co.id—Dua pemburu harta karun telah menemukan perhiasan yang diyakini emas berasal dari Zaman Besi tertua di Inggris yang pernah ditemukan. Koleksinya, yang disebut Leekfrith Iron Age Torcs, ditemukan di Staffordshire Moorlands, lahan pertanian di paroki Leekfrith.

Dalam penemuan tersebut, terdapat empat cincin leher, tiga kalung dan satu gelang yang ditemukan terpisah sekitar 1 meter dan dikubur oleh Mark Hambleton dan Joe Kania tepat di bawah permukaan. Temuan mereka tidak jauh dari timbunan emas terbesar yang pernah ditemukan di Inggris.

Keduanya sekarang berencana untuk membagi temuan itu 50/50 dengan pemilik tanah Stuart Heath. Para ahli percaya bahwa cincin leher Zaman Besi dibuat pada abad ketiga atau keempat SM, membuatnya berusia sekitar 2.500 tahun. Mereka kemungkinan dibuat di Eropa, Jerman atau Prancis.

Tidak diketahui mengapa barang-barang itu dikubur, tetapi bisa saja untuk disimpan, sebagai persembahan kepada para dewa, atau sebagai peringatan setelah pemiliknya meninggal. Dua bagian – kerah dan gelang – terbuat dari kawat emas yang dipilin.

Dua memiliki finial berbentuk terompet dan gelangnya juga menampilkan dekorasi Celtic yang menakjubkan. Hiasan pada gelang dianggap sebagai seni Celtic paling awal dari Inggris.

Halaman berikutnya...