Eksoplanet Berbatu Ternyata Lebih Beragam dan Ekostis Dari Perkiraan

By Ricky Jenihansen, Senin, 22 November 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi Puing Berbatu di sekitar katai putih. (M. Zamani and M. Kosari)

Nationalgeographic.co.id - Tim ilmuwan, kolaborasi astronom dan ahli geologi, menemukan bahwa sebagian besar planet berbatu yang mengorbit bintang terdekat lebih beragam dan eksotis daripada yang diperkirakan sebelumnya. Planet-planet tersebut memiliki jenis batuan yang tidak ditemukan di mana pun di tata surya kita.

Penelitian ini adalah yang pertama mempelajari dan memperkirakan jenis batuan yang ada di planet yang mengorbit bintang terdekat. Rincian penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Communications dengan judul "Polluted white dwarfs reveal exotic mantle rock types on exoplanets in our solar neighborhood".

Pada penelitian ini, seorang astronom dari NSF's NOIRLab telah bekerja sama dengan seorang ahli geologi dari California State University, Fresno, untuk mempelajari komposisi kimia katai putih "terpolusi". Mereka kemudian membuat perkiraan pertama jenis batuan yang ada di planet yang mengorbit bintang terdekat.

Dijelaskan, bahwa hingga saat ini para astronom telah menemukan ribuan planet yang mengorbit bintang di galaksi kita, yang dikenal sebagai eksoplanet. Namun, sulit untuk mengetahui dengan tepat terbuat dari apa planet-planet ini, atau apakah ada yang menyerupai Bumi.

Halaman berikutnya...