Merasakan Sensasi Parasailing di Pulau Tangkil, Lampung

By , Minggu, 5 Juli 2015 | 15:10 WIB

Lampung identik dengan pantai-pantainya yang indah dan masih asli. Di antara sekian banyak pantai yang ada di Lampung, Pulau Tangkil adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Pulau ini menawarkan beragam wahana air yang menggoda. Mulai dari banana boat, flying fish, snorkeling, kano, jetski, glass bottom boat hingga parasailing yang satu-satunya dan pertama di Lampung.

Untuk mencapai pulau ini, anda terlebih dahulu harus memasuki kawasan Pantai Mutun, di Kabupaten Pesawaran. Sebab lokasi pulau ini persis berhadap-hadapan dengan Pantai Mutun. Namun anda tidak perlu khawatir, meski berada di kabupaten, lokasi Pulau Tangkil dan Pantai Mutun relatif dekat dengan Bandar Lampung, hanya berjarak tempuh 30 menit. Untuk dapat masuk ke Pantai Mutun, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu tradisional milik nelayan dengan biaya Rp 10.000 -Rp 15.000 per orang pulang pergi. Jarak tempuh dari Mutun ke Pulau Tangkil hanya sekitar 10 menit.

Pengelola Pulau Tangkil Naldo mengatakan Pulau Tangkil memiliki luasan total 12 hektar.Namun lokasi wisata yang saat ini dikelola baru memanfaatkan lahan sekitar 3 hektar. Meski begitu, pengelola dengan apik menata pulau hingga pengunjung disuguhkan pantai dengan pasir putih dan pemandangan indah dari hijau pepohonan yang menghiasi pulau. Wajar bila pulau ini menjadi destinasi favorit warga Lampung.

Setelah berlabuh di pulau anda akan kembali dikenakan tiket masuk Pulau Tangkil sebesar Rp 5.000. Jika berminat menyewa pondokan, disediakan puluhan pondokan bambu dengan luasan 4x3 m untuk duduk santai dengan biaya sewa Rp 100.000.

Dari ujung ke ujung pantai tersedia spot-spot seperti ini untuk bersitirahat dan berteduh pengunjung. Namun rasanya anda tidak akan betah datang ke Pulau Tangkil hanya berdiam diri atau sekedar duduk menghindari panas matahari.

Pasalnya, air biru nan jernih, semilir angin pantai akan terus menggoda anda untuk turun ke pantai dan mencumbu indahnya pantai. Kondisi pantai di sini tergolong bersih dan  airnya begitu jernih. Pasir pantai yang putih pun minim dari sampah yang bertebaran.

Pengelola nampaknya benar-benar memperhatikan kualitas kebersihan Pulau Tangkil agar pengunjung merasa nyaman berlibur di sini. Selain bermain dengan debur ombak, pengunjung juga bisa mencoba wahana air yang disediakan pengelola!break!

"Wisatawan juga bisa menikmati wahana air. Kita telah menyediakan wahana lain seperti jetski, snorkeling untuk nikmati alam bawah air Pulau Tangkil, atau sekadar berkeliling sejenak dengan kano," ujar Naldo, salah satu pengelola.

Wahana parasailing (Tribunnews.com/Perdiansyah)

Wahana yang jadi primadona sekaligus jagoan tempat wisata ini adalah parasailing. Naldo mengatakan, animo pengunjung terhadap wahana ini sangat besar. 

Menikmati keindahan Pulau Tangkil dari ketinggian dengan menggunakan parasailing selain memicu adrenalin, membuat pengunjung akan menyadari bahwa tidak perlu ke Bali untuk sekedar menikmati keindahan pantai. Cukup berlibur di Lampung dengan sejuta pesona keindahan wisata pantainya.

Wahana flying fish (Tribunnews.com/Perdiansyah)

"Bagi pengunjung yang ingin mencoba naik parasailing cukup mengeluarkan biaya Rp 150.000 per orang. Maka pengunjung akan disuguhkan keindahan permukaan pantai dari ketinggian. Ini sangat menarik, karena hingga sekarang, ini satu-satunya dan pertama di Lampung," ujarnya.