10 Foto Antariksa Spektakuler dari Bumi

By , Minggu, 12 Juli 2015 | 17:00 WIB

Total gambar keseluruhan yang telah terpilih sebagai finalis berjumlah 139 gambar, diambil oleh fotografer amatir dan profesional lebih dari 60 negara.

Ini adalah kontes fotografi ketujuh yang diselenggarakan oleh Royal Observatory Greenwich di London. Pihak penyelenggara mengatakan mereka telah menerima lebih dari 2.700 foto yang masuk—jumlah terbesar untuk kompetisi fotografi tahunan mereka hingga saat ini. Keseluruhan foto dapat dilihat di grup Flickr mereka.

Pemenang dari berbagai kategori akan diumumkan pada 17 September di sebuah upacara penghargaan khusus di Royal Observatory. Sebuah pameran gratis yang bertanggung jawab atas gambar pemenang untuk kemudian akan ditampilkan di observatorium Astronomi Pusat dari hari berikutnya. 

1. Calm Before The Storm

'Calm Before the Storm'-- Badai petir yang berasal dari bawah awan badai yang menjadi pertanda buruk disandingkan dengan bintang berkilau dari Bima Sakti di atasnya. (Julie Fletcher)
!break!

2. C2014 Q2 Lovejoy

'C2014 Q2 Lovejoy' Comet Lovejoy berlayar melalui tata surya dalam kabut hijau dan meninggalkan debu komet di belakangnya. (Michael Jaeger)

3. IC443

'IC443' Terletak di konstelasi Gemini, IC443 adalah sisa-sisa galaksi supernova, bintang yang meledak lebih dari 30.000 tahun yang lalu. (Patrick Gilliland)

4. Moon and Antelao

'Moon and Antelao'-- Bulan bersinar di atas Monte Antelao di Italia. (Marcella Giulia)

!break!

5. Motind

'Motind' Membentang miring di atas puncak Senja, Norwegia, oksigen menghasilkan cahaya hijau dan nitrogen menghasilkan cahaya ungu dan menjelma sebagai aurora yang mempesona. (Rune Engebo)

6. Solar Prominence