Ini Dia 6 Serangga Terunik di Dunia

By , Senin, 20 Juli 2015 | 09:00 WIB

Serangga di bumi ini memang ada berbagai macam mulai dari yang paling biasa hingga langka, menggemaskan hingga mengerikan. Inilah 6 serangga terunik di dunia, mulai dari lucu, aneh, hingga menyeramkan.

1. Serangga paling photogenic: Ngengat Sutra

Ngengat sutra adalah hewan yang bentuk larvanya sangat berharga karena menghasilkan benang yang indah. Ulat sutra memang merupakan satu-satunya hewan penghasil benang sutra. Walau bentuk akhir dari ulat sutra, ngengat sutra, tidak memiliki fungsi yang banyak, mereka sangat cantik.

Ngengat sutra memiliki tubuh yang berbulu tebal dan berwarna putih bersih. Kepala mereka juga dihiasi dua antenna yang berambut halus. Hewan ini memang sangat lucu dan layak diabadikan dengan kamera.

2. Serangga paling efisien: Semut Kura-kura

Cephalotes varians (myrmecos.net)

Banyak hewan yang dilahirkan dengan bentuk tubuh tertentu untuk mempermudah mereka mempertahankan diri atau mencari makan. Namun hewan yang satu ini patut diacungi dua jempol. Semut kura-kura alias Cephalotes varians dilahirkan dengan piringan datar pada kepala yang didesain khusus untuk menutupi pintu masuk sarang mereka. Jadi piringan tersebut bisa menutup jalan masuk ke sarang dan membingungkan predator yang hendak menginvasi rumah mereka. Hebat sekali bukan?

3. Serangga paling fashionable: Kumbang Emas

Kumbang emas (Nationalgeographic.com)

Di Indonesia hewan ini kadang disebut kumbang emas atau kepik emas. Kumbang ini memang sangat cantik sebab bagian cangkangnya seperti dilindungi oleh kubah transparan yang berkilau keemasan. Tubuh mereka juga berwarna hologram bila terkena cahaya matahari.!break!

4. Serangga paling lucu: Laba-laba Bahagia

Theridion grallator (flickr.com)

Banyak orang takut pada serangga yang satu ini. Laba-laba biasanya diusir atau dijauhi oleh manusia karena bentuknya yang menyeramkan.  Tetapi untuk laba-laba yang satu ini Anda mungkin akan membuat pengecualian.  Theridion grallator yang berasal dari Hawai ini besarnya tidak lebih dari 5mm dan tubuhnya dihiasi dengan senyum yang menawan. Bagaimana bisa kita tak jatuh cinta padanya?