Delapan Ide Kreatif untuk Foto dengan Smartphone

By , Rabu, 22 Juli 2015 | 16:00 WIB

Dengan kamera terintegrasi yang berkualitas, smartphone masa kini telah menjelma jadi perangkat fotografi yang andal. Bentuk ponsel pintar yang ringkas memudahkan pemakaiannya untuk menjepret foto-foto kreatif.

Nah, untuk membantu mewujudkan hal tersebut, Cooperative of Photography merilis sebuah tutorial video berisi delapan ide unik yang bisa dicoba, seperti berikut.

1. Pakai balon untuk menjepret foto atau merekam video dari angkasa

Siapa bilang aerial photography hanya bisa dilakukan oleh pemilik drone? Kamupun bisa memanfaatkan balon helium untuk "menerbangkan" smartphone dan menjepret foto atau merekam video dari angkasa.

Caranya bisa dengan memakai balon helium yang berukuran cukup besar dan beberapai untai benang pancing yang kuat. Pengambilan gambar bisa dibantu dengan aksesoris atau aplikasi remote shutter yang banyak tersedia.

2. Kacamata hitam bergradasi untuk menyeimbangkan gelap dan terang

Pernah mencoba memotret sunset atau sunrise? Kamu tentu mengetahui perbedaan tingkat cahaya antara foreground dan background yang bisa mengakibatkan langit terlihat terlalu terang atau bumi terlalu gelap.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba memakai kacamata hitam bergradasi (gradient sunglasses) untuk menyeimbangkan exposure. Efeknya mirip dengan filter graduated ND pada kamera DSLR. Niscaya bumi dan langit sama-sama terlihat jelas!

3. Efek pinhole dengan lubang kecil di kardus

Kamu bisa membuat efek "pinhole" yang menarik dengan memanfaakan sepotong kecil kardus. Caranya cukup dengan melubangi potongan kardus dengan jarum dan menaruhnya di depan lensa kamera smartphone.

4. Frame "3D" dengan kertas foto Polaroid

Punya kertas foto Polaroid yang tak terpakai? Potong bidang gambar di tengahnya sehingga menyisakan bagian bingkai kertas berwarna putih, lalu taruh di depan obyek foto sebelum menjepret dengan smartphone. Kamu pun bisa menciptakan efek "tiga dimensi yang menarik!

5. Buat foto "tiny planet" dari panorama