Palembang Akan Menikmati Gerhana Matahari Total 2016

By , Kamis, 23 Juli 2015 | 12:30 WIB

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, akan melintasi berbagai kota di Indonesia. Jalur totalitas akan melintasi area Sumatera Selatan dan salah satu kota yang cukup beruntung menikmati Gerhana Matahari Total adalah kota Palembang yang juga merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan.

Peta jalur totalitas gerhana matahari di Palembang. (Xavier Jubier/Google Earth Pro)

Kota Palembang yang diberi julukan Venice di Timur, merupakan kota tertua di Indonesia jika ditilik dari prasasti Kedukan Bukit. Sebagai kota yang pernah menjadi pusat kerajaan besar seperti Sriwijaya di masa lalu, Palembang memiliki obyek-obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. (Baca juga Gerhana Matahari Total Ditargetkan Mendongkrak Jumlah Wisatawan)

Jembatan Ampera, Palembang, Sumatra Selatan. (Reynold Sumayku/National Geographic Indonesia)

Pada tanggal 9 Maret 2016, Palembang akan berada di dalam jalur totalitas gerhana matahari dengan durasi 1 menit 47 detik. (Baca juga Cara Membuat Pin Hole, Alat Pengamat Gerhana Matahari Total)

Waktu terjadinya gerhana total

Matahari terbit: 06:10 WIB

Kontak 1 atau Awal gerhana sebagian: 06:20:29,2 WIB

Kontak 2 atau Awal gerhana total: 07:20:47,8 WIB

Puncak gerhana: 07:21:43,3 WIB

Kontak 3 atau Akhir gerhana total: 07:22:39,2 WIB

Kontak 4 atau Akhir gerhana: 08:31:24,7 WIB

Pengarungan Sungai Musi, urat nadi peradaban sejak masa Sriwijaya. (Reynold Sumayku/National Geographic Indonesia)

(Baca juga Cara Aman dan Sederhana Untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Total)

Transportasi

Ada beberapa jenis transportasi yang melayani rute menuju Palembang. Baik jalan darat, udara maupun laut bisa menjadi alternatif pilihan menuju kota terbesar kedua di Sumatera ini. Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari beberapa kota besar di Jawa dan Bali melayani rute menuju ke Palembang. Untuk mempermudah, dari Jakarta ada beberapa bus eksekutif dan vip yang melayani rute ke Palembang dari beberapa terminal antara lain Terminal Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Pulo Gadung, Rawamangun, Grogol dan Kalideres.