Temuan Koin Antik yang Berkisah Penaklukan Muslim oleh Tentara Salib

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 22 November 2021 | 10:00 WIB
Koin emas langka dan anting-anting berada di sebuah pot perunggu berusia 900 tahun ditemukan di pelabuhan Israel kuno, Kaisarea. (Yaniv Berman/Caesarea Development Corporation.)

Nationalgeographic.co.id—Arkeolog Israel telah menemukan setumpuk koin langka dan anting-anting emas yang disembunyikan lebih dari 900 tahun alu di pelabuhan kuno Kaisarea, Israel. Temuan ini berasal dari masa Perang Salib.

Perang Salib adalah serangkaian perang agama. Tujuannya untuk menguasai kota suci Yerusalem yang ketika itu dikuasai oleh bangsa Arab. Kota Yerusalem merupakan kota suci bagi tiga agama, yakni Yahudi, Islam, dan Kristen.

Dikutip dari Histecho, penemuan anting-anting dan koin 24 keping yang dicetak oleh Kekaisaran Bizantium Kristen dan Kekhalifahan Fatimiyah Muslim ditemukan tersembunyi di antara dua batu di sisi sumur dari sebuah rumah. Mereka menduga rumah itu dibangun pada masa Islam.

Temuan ini diperoleh ketika penggalian dan pekerjaan konservasi yang sedang dilakukan di daerah situs Warisan Dunia Kaisarea. Arkeolog Israel Antiquities Authority (IAA), Peter Gendelman, mengatakan berdasarkan penanggalan koin, timbunan itu dibuang beberapa saat sebelum Tentara Salib menaklukkan kota kuno Kaisarea pada 1101.

Halaman berikutnya...