Astronom Temukan Kelas Bintang Radio Langka Lebih Panas dari Matahari

By Wawan Setiawan, Rabu, 24 November 2021 | 15:00 WIB
Bintang radio kelas langka yang lebih panas dari Matahari ditemukan oleh astronom India. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah mungkin ada bintang yang lebih panas dari Matahari? Nah, matahari itu sudah panas! Sangat sangat panas. Namun, bola api besar ini dapat dikalahkan dalam permainan 'panas' seperti yang telah ditunjukkan oleh penemuan para astronom India.

Sekelompok ilmuwan, yang dipimpin oleh para astronom dari National Centre for Radio Astrophysics (NCRA) yang berbasis di Pune, baru-baru ini menemukan kelas bintang radio langka yang lebih panas dari Matahari. Temuan mereka telah dipublikasikan dalam Astrophysical Journal pada 26 Oktober 2021 dengan mengambil judul Ultra-wideband, Multiepoch Radio Study of the First Discovered "Main-sequence Radio Pulse Emitter" CU Vir. Penemuan ini dibuat dengan menggunakan Giant Metrewave Radio Telescope (uGMRT) yang ditingkatkan. 

“Keberhasilan program GMRT telah merevolusi gagasan tentang kelas bintang ini, dan telah membuka jendela baru untuk mempelajari magnetosfer eksotis mereka,” kata NCRA.

Bintang-bintang ini adalah medan magnet yang luar biasa kuat dan angin bintang yang jauh lebih kuat. Dalam siaran pers, NCRA mengatakan tim juga telah menemukan tiga bintang seperti itu di masa lalu menggunakan Giant Metrewave Radio Telescope (GMRT).

Para astronom India ini telah menemukan delapan bintang yang termasuk ke dalam kelas langka yang disebut 'Main-sequence Radio Pulse (MRP)' atau pemancar Denyut Radio Urutan Utama di mana mereka memiliki medan magnet yang kuat.

Halaman berikutnya...