Ketahui 8 Cara untuk Menjaga Pengelihatan Anda

By , Minggu, 2 Agustus 2015 | 21:00 WIB

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas hidup ialah melindungi organ pengelihatan Anda. Masalah mata biasanya mempengaruhi kualitas hidup 6 dari 46 orang dewasa dan sangat beresiko kehilangan pengelihatan mereka sepenuhnya.

American Academy of Ophthalmology (AAO) memperkirakan bahwa lebih dari 43 juta orang dalam satu negara akan mengalami masalah mata pada tahun 2020. Mulai saat ini, sebaiknya berikan perlindungan terhadap mata Anda dari masalah pengelihatan dan penyakit mata. Berikut tips yang berguna untuk melindungi organ pengelihatan anda.

1. Cari Tahu Jika Anda Memiliki Risiko Tinggi Untuk Penyakit Mata.

Kadang-kadang, ada beberapa penyakit mata yang turun temurun dari keluarga. Anda harus menyadari riwayat kesehatan keluarga sehingga Anda dapat mengatasi sebelum  terkena.

Beberapa keluarga selalu memiliki batas usia tertentu di mana mereka mulai merasakan masalah pada mata. Mengetahui hal ini dan riwayat penyakit yang turun temurun tentu akan membantu banyak.

2. Rutin Melakukan Tes Kesehatan Secara Menyeluruh

Beberapa penyakit kadang-kadang menyebabkan penyakit mata. Kerap kali penyakit ini sulit diobati dan dapat menyebabkan masalah pada mata, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, degenerasi makula, glaukoma dan hipertensi okuler.

3.  Perhatikan Tanda Peringatan Dalam Pengelihatan Anda.

Jika Anda mulai merasakan perubahan dalam pengelihatan, disarankan mengunjungi klinik mata sesegera mungkin. Sebab, hal ini dapat membantu mengatasi kemungkinan penyakit yang lebih parah jika Anda tanggap gejala dan penanganan cepat dilakukan.

4.  Jangan Merokok

Merokok juga mempengaruhi mata dan bukan hanya paru-paru. Orang yang merokok memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami degenerasi makula terkait usia atau katarak.

5. Lindungi Mata Anda

Sangat dianjurkan untuk melindungi mata Anda dari sinar UV dengan menggunakan kacamata dengan perlindungan UV yang tepat. Hal ini akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolent yang berbahaya.