Nilai Kekayaannya Meroket, Tiongkok Kini Jadi Negara Terkaya di Dunia

By Utomo Priyambodo, Selasa, 23 November 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi negara Tiongkok. (Stefano Borghi via ASSAHIFA)

Nationalgeographic.co.id—Meroketnya nilai kekayaan Tiongkok telah membuat Amerika Serikat kehilangan gelarnya sebagai negara terkaya di dunia. Kini, Tiongkok resmi menjadi menjadi negara terkaya di dunia.

Pergantian di papan peringkat kekayaan global tersebut diumumkan dalam sebuah laporan dari McKinsey & Co., sebagaimana diberitakan oleh IFL Science. Dikutip dari Bloomberg, leporan tersebut mengungkapkan bahwa nilai kekayaan Tiongkok meroket dari 7 triliun dolar Amerika Serikat pada tahun 2000 menjadi 120 triliun dolar Amerika serikat pada tahun 2020. Nilai ini setara dengan 1,71 kuintiliun rupiah. Besar kuintilun adalah sejuta kali dari besar triliun.

Pada saat yang sama, di tahun 2020, nilai kekayaan Amerika Serikat sebenarnya juga naik, yakni menjadi hampir 90 triliun dolar Amerika Serikat. Namun nilai kekayaan ini jauh dari nilai kekayaan Tiongkok yang ada di posisi nomor satu.

Secara umum, kenaikan nilai kekayaan Tiongkok telah berkontribusi hampir sepertiga dari total peningkatan kekayaan global. Menurut laporan itu, dalam jangka waktu yang sama alias selama dua dasawarsa tersebut, nilai kekayaan global telah meningkat dari 156 triliun dolar Amerika Serikat menjadi 514 triliun dolar Amerika Serikat.

"Kita sekarang lebih kaya dari sebelumnya," kata Jan Mischke, partnert di McKinsey, dalam laporan Bloomberg sebagaimana dilansir Interesting Engineering.

Halaman berikutnya...