Seorang Pendeta Telah Menyelamatkan Masa Kecil Hitler dari Kematian

By Galih Pranata, Kamis, 25 November 2021 | 13:00 WIB
Potret Adolf Hitler saat masih bayi oleh Josef Franz Klinger, sekitar tahun 1889–1890 (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.idSorang pendeta di Jerman, dengan kasihnya, menyelamatkan nyawa seorang bocah mungil berusia 4 tahun yang hampir terseret arus sungai, hanyut dan mungkin akan tewas tenggelam.

Potongan surat kabar, Danube, ditemukan pada Januari 1894, melaporkan kejadian sejumlah kasus anak yang terseret arus sungai di Passau, Jerman. Sungai es di Passau memang dikenal ramai dengan anak-anak yang bermain disana.

"Pernyataan surat kabar Danube juga diperkuat oleh kisah pendeta Max Tremmel, yang mengisahkan pendahulunya, telah menyelamatkan nyawa seorang bocah berusia 4 tahun yang menggigil kedinginan dan ketakutan," tulis Hall.

Allan Hall menulis kepada Daily Mail (UK), dalam artikelnya berjudul Revealed: The Priest Who Changed The Course of History, by Rescuing a Drowning Four-Year-Old Hitler from Death in an Icy River, publish pada 2012.

"Saat itu, pendeta Johann Kuehberger (pendahulu pendeta Tremmel) terlibat dalam penyelamatan kepada bocah berusia 4 tahun yang kehilangan kendali dan hampir hanyut terbawa arus sungai," tambahnya.

Kuehberger muda melihat bocah itu tengah kesulitan dan berjuang ditengah derasnya arus sungai Passau yang sangat dingin, layaknya es. Ia kemudian menyelam mendekati bocah itu, bersusah payah menarik tubuhnya keluar dari arus. Kuehberger menyelamatkannya!

"Pendeta Kuehberger yang baik itu, telah menyelamatkan seorang anak tak berdosa yang kemudian menjadi momok paling mengerikan sepanjang sejarah umat manusia, Adolf Hitler!," lanjut Hall. 

Halaman berikutnya...