Katai Putih Ini Berotasi Tercepat yang Pernah Ditemukan Astronom

By Wawan Setiawan, Kamis, 25 November 2021 | 15:00 WIB
Ilmuwan mengonfirmasi bintang katai putih yang menyelesaikan rotasi penuh sekali setiap 25 detik, tercatat sebagai yang tercepat. (Hindimebio)

Nationalgeographic.co.id—Bintang katai putih yang menyelesaikan rotasi penuh sekali setiap 25 detik ini adalah bintang katai putih yang berputar tercepat, dengan kecepatan putaran yang memecahkan rekor, bintang ini adalah baling-baling magnetik berkecepatan tinggi kedua, menurut tim astronom yang dipimpin oleh University of Warwick.

Mereka telah menetapkan periode putaran bintang untuk pertama kalinya, membenarkannya sebagai contoh yang sangat langka dari sistem baling-baling magnetic yaitu katai putih menarik plasma gas dari bintang pendamping terdekat dan melemparkannya ke luar angkasa dengan kecepatan sekitar 3.000 kilometer per detik.

Hasil penelitian yang telah dilaporkan pada 22 November 2021 di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society: Letters (jika jurnal masih tahap progress silahkan lihat di arXiv) berjudul Found: a rapidly spinning white dwarf in LAMOST J024048.51 195226.9, mengonfirmasi bahwa ini hanya baling-baling magnetik katai putih kedua yang telah diidentifikasi dalam lebih dari tujuh puluh tahun berkat kombinasi instrumen yang kuat dan sensitif yang memungkinkan para ilmuwan untuk melihat sekilas bintang yang melaju kencang.

Studi ini dipimpin oleh University of Warwick dengan University of Sheffield, dan didanai oleh Science and Technology Facilities Council (STFC), bagian dari Riset dan Inovasi Inggris, dan Leverhulme Trust.

Halaman berikutnya...