Ternyata Penyakit Alzheimer Mempunyai Tiga Kelompok, Apa Sajakah Itu?

By Wawan Setiawan, Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:00 WIB
Ilustrasi plak amiloid di antara neuron. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Penyakit Alzheimer dapat menyebabkan area otak menyusut. Penumpukan amiloid dan tau di dalam dan sekitar sel-sel otak merupakan salah satu penyebab penyakit ini.

Penyakit Alzheimer juga dikaitkan dengan pola spesifik perubahan patologis di otak yang mengakibatkan degenerasi saraf. Namun, kasus ini tidak sama pada semua pasien. Juga, hasil yang mengecewakan dari obat-obatan yang baru-baru ini dipasarkan telah menyoroti kebutuhan untuk mempertimbangkan kembali penyakit ini.

Di Swiss, konsorsium dokter dan ilmuwan Eropa, yang dipimpin oleh University of Geneva (UNIGE) dan Rumah Sakit University of Geneva (HUG), yang juga mencakup INSERM di Prancis, telah menganalisis data yang disajikan dalam hampir 200 penelitian yang diterbitkan sebelumnya. Jauh dari penyakit monolitik di mana penyebab yang sama menghasilkan efek yang sama, analisis ini mengusulkan kategorisasi pasien menjadi tiga kelompok, masing-masing dengan dinamikanya.

Giovanni Frisoni, Profesor di Departemen Readaptation and Geriatrics di Fakultas Kedokteran UNIGE dan Direktur Pusat Memori HUG, yang mengarahkan pekerjaan ini, mengatakan, “Namun jika kita menganggap penyakit Alzheimer sebagai rangkaian peristiwa biologis yang berurutan, seharusnya telah jauh lebih efektif. Menghentikan produksi beta-amiloid dengan obat harus secara logis mengganggu kehilangan saraf dan, oleh karena itu, kehilangan memori, yang belum diamati secara besar-besaran. Selanjutnya, kami telah menemukan bahwa beberapa orang dengan amiloid tidak mengembangkan gejala kognitif. Apa yang melindungi otak mereka dari neurotoksisitas?”

Baca Juga: Ragam Bentuk Meditasi dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Jiwa dan Raga

Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak yang tidak dapat disembuhkan yang menyebabkan plak tumbuh di sekitar sel saraf, menghancurkannya. (Shutterstock)

Dalam studi baru para ilmuwan yang dipublikasikan di jurnal Nature Reviews Neuroscience pada 23 November 2021 berjudul The probabilistic model of Alzheimer disease: the amyloid hypothesis revised, mereka ingin menentukan mengapa model deterministik penyakit ini ditemukan dalam beberapa kasus tetapi tidak pada kasus lainnya.

Mereka pun melakukan tinjauan literatur sistematis; beberapa artikel cenderung mengonfirmasi model ini, sementara yang lain membantahnya.

“Kerangka kerja interpretasi kami menunjukkan bahwa penyakit Alzheimer lebih kompleks daripada yang terlihat. Tiga kelompok pasien dapat dibedakan menurut faktor risikonya, karakteristik penyakitnya, dan nasib klinisnya,” papar Daniele Altomare, seorang peneliti dalam kelompok Giovanni Frisoni, seperti diansir Tech Explorist.

Prediksi kaskade hanya dikonfirmasi di salah satu dari tiga kelompok ini, di mana pasien membawa mutasi genetik yang diturunkan yang dikenal sebagai "autosomal dominan." Untungnya, mutasi ini jarang terjadi, karena menyebabkan perkembangan sistematis dari defisit kognitif awal (antara usia 30 dan 50 tahun).

“Setengah dari pasien kami termasuk dalam kelompok ketiga ini. Model probabilistik kami, menunjukkan bahwa semua faktor risiko genetik dan lingkungan harus dipertimbangkan. Gangguan kognitif berkembang ketika berat badan mereka mengatasi ketahanan otak, yang dengan sendirinya ditentukan oleh faktor pelindung yang berasal dari genetik dan lingkungan,” tutur Frisoni.

Baca Juga: Studi Mengungkap Fungsi Struktur Misterius yang Ditemukan pada Neuron