Temuan Sepatu dalam Sumur dari Zaman Romawi Kuno Ungkap Fakta Ini

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 28 November 2021 | 14:00 WIB
Penemuan sepatu di sumur tua menunjukkan selera fashion yang tinggi dari zaman Romawi kuno. (Histecho)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah sepatu dari zaman Romawi kuno berusia 2.000 tahun ditemukan di dalam sebuah sumur tua. Sumur tersebut berlokasi di wilayah Saalburg, Jerman, berikut beberapa relik lainnya.

Pada tahun 90 Masehi di wilayah Saalburg, mereka membangun sebuah bangunan yang mampu menampung hingga 2.000 penduduk. Benteng ini tetap aktif sampai tahun 260 M.

Kemudian pada abad ke-19, kota Saalburg berhasil ditemukan dan digali kembali. Salah satu penemuan di penggalian tersebut adalah sepatu bergaya mewah dari zaman kuno tersebut.

Sebuah penemuan baru-baru ini dari sebuah lokasi arkeologi Saalburg, Jerman, menegaskan bahwa sepatu wanita Romawi memang dibuat dengan rapi. Selain memberikan perlindungan dan kehangatan, juga sangat bergaya dan menghadirkan simbol status di antara warga negara. 

Sejak 2005, Saalburg telah ditempatkan di bawah perlindungan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan benteng tersebut telah direkonstruksi menggunakan data yang diketahui tentang bentuk sebelumnya. Kini alas kaki berusia 2.000 tahun itu berdiri sebagai bagian dari pameran di museum Saalburg.

Baca Juga: Timbunan Koin Perak Zaman Romawi Seberat 15 Kilogram di Jerman

Alas kaki Romawi dipajang di museum Saalburg. (Histecho)

Berdasarkan sandal/boot militer Romawi edisi standar, yang disebut caligae, sepatu Saalburg memiliki sol yang berat, menyiratkan bahwa itu dibuat untuk penggunaan di luar ruangan, berbeda dengan sandal dalam ruangan dengan sol yang lebih ringan yang juga dikenal populer di kalangan penduduk kaya dari Kekaisaran Romawi.

Desainnya serupa selain solnya, sepatu Saalburg memiliki lubang untuk tali, yang banyak digunakan oleh wanita. Seperti kebanyakan alas kaki Romawi, sepatu ini memiliki bagian atas kulit dan sol hobnailed, memberikan kenyamanan dan fungsionalitas bagi pemakainya.

Sulamannya dibuat dengan sangat detail, hal ini menyiratkan kemungkinan besar adalah sepatu milik orang kaya. Pola segitiga dan lingkaran menambah keindahan sepatu ini dari waktu lain, menampilkan keterampilan pembuatnya, tetapi juga status sosial pemiliknya.

Sol sepatu bot militer – caligulae. (Histecho)

Menurut Rome Across Europe, sebuah blog yang didedikasikan untuk budaya Romawi, peradaban kuno Julius Caesar, Cicero, dan banyak lainnya benar-benar memperkenalkan dunia Mediterania dengan sepatu penutup seluruh kaki pertama.