Pertumbuhan Gigi pada Neanderthal Lebih Cepat Daripada Manusia Modern

By Maria Gabrielle, Senin, 29 November 2021 | 08:00 WIB
Gigi Neanderthal muncul empat bulan lebih awal daripada manusia modern (National History Museum)

Nationalgeographic.co.id—Neanderthal merupakan manusia purba yang hidup setidaknya 200.000 tahun lalu selama Zaman Pleistosen. Ternyata bayi Neanderthal tumbuh lebih cepat daripada rekan manusia lainnya. Para peneliti menyelidiki fosil yang ditemukan di Kroasia dan didapati bahwa gigi Neanderthal tumbuh empat bulan lebih awal daripada manusia modern.

Dilansir dari National History Museum, para peneliti menduga hal ini memungkinkan mereka untuk mulai makan lebih banyak makanan dan memberi mereka energi untuk mendukung percepatan pertumbuhan awal. Salah satu ahli yang terlibat dalam studi ini, Profesor Helen Liversidge yang meneliti Antropologi Gigi di Universitas Queen Mary mengatakan bahwa kecepatan pertumbuhan gigi manusia dan Neanderthal adalah topik yang hangat diperbincangkan.

“Beberapa mengatakan bahwa yang terakhir tumbuh lebih cepat, tetapi yang lain berpendapat bahwa mereka masuk termasuk dalam kisaran variasi manusia,” ujar Profesor Helen Liversidge kepada National History Museum.

“Ini adalah pertama kalinya kami memiliki gigi bayi Neanderthal yang dapat kami simpulkan dari pertumbuhan akarnya, apakah gigi itu erupsi lebih awal atau tidak. Kami menemukan bahwa sepertinya gigi tumbuh lebih cepat dan gigi susu mereka tumbuh lebih awal daripada manusia saat ini,” lanjutnya.

Temuan para ahli ini telah dipubilkasikan di laman Proceedings of The Royal Society B dengan judul Growth of Neanderthal infants from Krapina (120-130 ka), Croatia pada 24 November 2021. Dalam studi ini, para ahli menggunakan temuan gigi dari wilayah Krapina, Kroasia. Di sana pernah ditemukan tulang-belulang hingga 80 Neanderthal.

Tim peneliti menggunakan gigi sulung yang didapat dari penggalian di situs tersebut untuk menyelidiki bagaimana Neanderthal tumbuh selama bagian paling awal dari pertumbuhan mereka. Melalui gigi ada banyak hal yang bisa diketahui dari seseorang.

Halaman berikutnya...