Kini Google Maps Bisa Diakses Tanpa Sambungan Internet

By , Jumat, 13 November 2015 | 18:00 WIB

Di ajang tahunan Google I/O 2015, raksasa internet Google menyajikan banyak hal baru, salah satunya pembaharuan Google Maps. Aplikasi peta Google tersebut kini bisa sepenuhnya dipakai tanpa sambungan Internet.

Fungsi offline di Google Maps sebenarnya memang sudah tersedia, namun sangat terbatas. Pengguna hanya diizinkan mengunduh wilayah tertentu, dan tidak melakukan navigasi tanpa Internet.

Pengembangan fitur offline ini dilatar belakangi oleh mahalnya biaya internet di negara-negara berkembang seperti India, Filipina dan Vietnam dan Indonesia. Tidak hanya mahal, internet di negara-negara tersebut juga sangat lambat.

Kehadiran dukungan offline di aplikasi Google Maps ini bertujuan untuk membantu pengguna di negara-negara berkembang tersebut. Google mengembangkan fungsi offline tersebut dalam versi terbaru. Fitur ini akan memungkinkan pengguna menikmati layanan Google Maps ketika berada di area dengan koneksi internet yang menyedihkan atau tanpa koneksi sama sekali. Pengguna bisa mengunduh peta mana saja yang diinginkannya, sekaligus melakukan navigasi tikungan demi tikungan tanpa sambungan Internet sedikit pun. Hal ini memungkinkan pengguna yang tersesat untuk menemukan jalan pulang tanpa biaya internet. !break!

Selain itu, masih tanpa sambungan Internet, pengguna juga dapat mencari informasi soal tempat-tempat menarik, toko, pom bensin, restoran, lengkap dengan jadwal operasional mereka. Satu-satunya yang tak bisa diakses hanyalah informasi lalu lintas.

Informasi kemacetan, kecelakaan dan citra foto satelit masih mengharuskan pengguna terhubung ke Internet. Seperti dikutip oleh CNN Indonesia dari blog resmi Google, Kamis (12/11).

Sayangnya, versi terbaru Google Maps yang bisa dipakai offline itu baru tersedia di Amerika Serikat. namun Jen Fitzpatrick selaku Vice President of Engineering Google memastikan dukungan offline Google Maps akan benar-benar dirilis akhir tahun 2015 ini.

Bagi pengguna yang sudah mendapat pembaruan, berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur offline Google Maps, seperti dilansir dari Kompas Tekno:

Pertama, buka aplikasi Maps pada perangkat Android. Untuk sementara, baru pengguna Android yang bisa menjajal kemampuan offline Maps. Pengguna iOS dikatakan akan segera menyusul, sebagaimana dilaporkan Slashgear, Rabu (11/11/2015).

Kedua, cari lokasi tujuan. Pada tahap ini pengguna masih harus terkoneksi internet. Jika di rumah atau di kantor tersedia akses Wi-Fi, pengguna bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat sasaran.!break!

Ketiga, unduh lokasi tujuan. Maps bakal memperlihatkan informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan. Adapula informasi cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia.  Bersamaan dengan itu, terpatri juga tiga opsi Save, Share, Download. Pengguna cukup menekan pilihan "Download" untuk mengunduh lokasi.

Keempat, konfirmasi lokasi tujuan. Maps bakal menunjukkan rute lokasi dan memastikan kepada pengguna apakah rute tersebut yang ingin ditempuh. Jika benar, pengguna cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh.

Kelima, Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang telah disepakati.Setelahnya, pengguna bisa beranjak menuju lokasi tersebut dengan informasi rute dari Maps tanpa harus mengaktifkan internet.