Jangan Kejutkan Kucing dengan Mentimun!

By , Jumat, 20 November 2015 | 10:00 WIB

Apa yang terjadi ketika sahabat meletakkan mentimun belakang kucing?

Beberapa kucing mungkin tidak peduli dengan gangguan sayuran tersebut, tetapi yang lain melompat tinggi ke udara ketika mereka melihatnya. Video kucing yang terkejut karena mentimun menjadi viral minggu ini. Orang-orang mencoba untuk melihat bagaimana hewan peliharaan mereka sendiri merespon keberadaan mentimun.

Tapi para ahli memperingatkan, hal itu tidak baik untuk hewan.

"Jika Anda menyebabkan stres pada hewan, itu bukanlah hal yang baik," kata Jill Goldman, seorang ahli perkembangan perilaku hewan bersertifikat di California selatan.

 "Jika Anda melakukannya untuk ditertawakan, itu membuat saya mempertanyakan kemanusiaan Anda," tukasnya.

John Bradshaw, seorang ahli perilaku kucing di University of Bristol dan penulis buku Cat Sense, setuju. Ia mengatakan, “Video ‘tercela’ itu merupakan hasutan bagi orang-orang untuk menakut-nakuti kucing mereka dan kemudian mengundang orang untuk menertawakan kucing.”

Goldman menjelaskan bahwa mentimun bisa memicu respon kejut alami kucing, karena mereka biasanya tidak akan melihat mentimun di lantai. Atau mereka bisa mengaitkan penyerang hijau dengan ular, yang mereka kenal sebagai predator mematikan, Goldman menambahkan.!break!

"Dengan respon kejut, kucing akan mencoba untuk menjauh dari sana secepat mungkin dan kemudian menilai kembali dari kejauhan," kata Goldman.

 Oeh karena itu kucing melompat di video.

“Fakta bahwa dalam video tersebut mentimun ditempatkan di dekat tempat makan membingungkan kucing, karena mereka sering mengasosiasikan daerah itu dengan keselamatan dan keamanan,” tambah Pam Johnson-Bennett, penulis buku Think Like a Cat.

"Itu hal yang kejam untuk dilakukan," katanya.

Waktu Bermain yang Aman

Goldman mengatakan bahwa membawa benda baru ke rumah bisa menjadi sumber yang baik untuk stimulasi mental hewan peliharaan, tapi tidak harus dilakukan dengan tujuan membuat mereka panik.