Penemuan Tiga Spesies Baru Katak Berkutil di Brasil

By , Kamis, 10 Desember 2015 | 08:00 WIB

Marco Pie nyaris saja menyerah.

Ia dan timnya telah meninggalkan Paraná, Brazil ketika fajar menyingsing untuk melakukan perjalanan yang begitu lama dan bergelombang dengan mengendarai sebuah mobil beat up 4x4. Setelah memarkirkannya di kaki gunung Serra do Quiriri, tim tersebut meninggalkan kendaraan dan memulai pendakian ke hutan pegunungan, kelelahan dan basah kuyup.

Kemudian Pie mendengar suara serak yang tenang. Dengan berjingkat di hutan yang hampir gelap sempurna, ia melacak suara kecil, dan bertemu katak berperut merah di ranting bromeliad.

Ketekunan mereka terbayar lunas: tim telah menemukan katak pertama dari tiga katak spesies baru di hutan pegunungan selatan Brasil. Mereka adalah Melanophryniscus biancae, M. milanoi dan M xanthostomus.

Melanophryniscus biancae (Hudson Garcia)

“Katak-katak ini sangat temperamental. Jika terlalu kering atau terlalu basah, anda tidak akan dapat mengankap mereka,” kata Pie, seorang ahli biologi evolusioner di Federal University of Paraná di Brazil.

Makhluk Berkutil Penghuni Tanaman

Tes DNA awal menunjukkan bahwa makhluk baru yang berkutil dengan warna gelap berbercak merah ini sangat terkait dan berevolusi hanya beberapa ribu tahun lalu.

Dengan ukurannya yang hanya sekitar 2,5 centimeter panjangnya, tiga spesies ini termasuk kecil untuk ukuran katak. Kebanyakan katak Melanophryniscus beracun, meskipun belum jelas apakah spesies baru ini juga begitu.

Tidak seperti katak Melanophryniscus lain yang meletakkan telur-telur mereka di kolam dan sungai, amfibi ini meletakkan telur-telur mereka di air yang tergenang di tanaman, yang juga dikenal sebagai phytotelm breeding.!break!

Karena genangan air begitu kecil, katak betina jenis ini umumnya bertelur lebih sedikit (kurang dari 50) dibandingkan katak lain.

Berudu mereka cukup besar dan kurang mampu berenang, menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE, 2 Desember lalu.

Pentingnya Pemberian Nama Resmi Spesies