Warna-Warni Festival Pengabdian untuk Bunda Maria di Meksiko

By , Rabu, 16 Desember 2015 | 16:00 WIB

Selama 2000 tahun, Bunda  Maria telah menjadi salah satu wanita paling dihormati di dunia. Ia sangat dihomati di Meksiko, Santo pelindung Negara adalah  Our Lady Guadalupe, yang dikatakan sudah ada sejak tahun 1531 di Mexico City. Peristiwa yang diperingati di seluruh penjuru negeri pada tanggal 12 Desember. Selama perayaan Guadalupe, jutaan umat katolik berbagi pengabdian mereka kepada Bunda Maria pada hari itu.

Beberapa dari mereka berjalan selama beberapa minggu  ke kuil pusat di Basilika Guadalupe di Meksiko City. Fotografer NG Diana Markosian mendokumentasikan festival ini tahun lalu. Markosian memotret para umat di Basilika dan peziarah di sepanjang jalan.

“Saya terbawa kedalam kereligiusan mereka” kata Markosian asal Amerika ini. “Banyak sekali orang yang disana memeluk Maria sebagian dari budaya dan identitas mereka sendiri,”

Ada seorang peziarah yang sudah berjalan selama sekitar dua minggu dengan membawa patung Bunda Maria, untuk memberikan doa kepada anak bayinya yang sedang sakit agar bisa pulih.

“Semua orang harus mengunjungi Ibu Mereka,” kata salah satu umat kepada penulis NG Maureen Orth.  “ The Virgin of Guadalupe adalah symbol dari Meksiko dan pemikiran tegar dan berdiri dengan harapan, kekuatan, dan Iman. ”

“Rasa pengorbanannya benar-benar sangat terlihat” Kata Markosian.

1. Parade sakral

Di kota yang sangat taat, Peubla, Meksiko, penduduk membuatkan parade khusus untuk Bunda Maria selama perayaan Guadalupe. Patung-patung yang dibawa ke gereja, kemudian diberkati, dan kemudian bertukar antar keluarga.

2.Hari mawar 

Bunga Mawar, salah satu hal yang sangat dekat dengan Bunda Maria (Diana Markosian/nationalgeographic.com)

Mawar sangat berhubungan dengan Bunda Maria, dan salah satu hal yang wajib ada di dalam perayaan. Ketika Ia mengunjungi Juan Diego pada tahun 1531, Ia menyiapkan bunga-bunga mawar yang kemudian diberikan kepada seorang uskup.!break!

3.Simbol Kekeluargaan

Salah satu Keluarga yang sedang berpartisipasi dalam festival (Diana Markosian/nationalgeographic.com)

Setelah parade, para keluarga mengambil patung-patung yang mereka dapatkan, mereka bahagia karena dirumahnya terdapat sebuah symbol penting.Tahun selanjutnya, patung-patung yang sudah di paradekan kembali ke gereja dan akan diberikan lagi kepada keluarga lainnya.

4. Peziarah