Mengintip Tablet Tanah Liat Berumur 4.500 Tahun Asal Periode Elam

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 6 Desember 2021 | 12:00 WIB
Tablet tanah liat Elamit ditemukan berusia 4500 tahun, di barat daya Iran. (Arkeonews)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tablet tanah liat diperkirakan dari periode Elam, sekitar 4.500 tahun silam baru-baru ini ditemukan di barat daya Iran.

Dikutip Arkeonews, lempengan tanah liat yang ditemukan di distrik Ramhormoz, provinsi Khuzestan diperkirakan berasal dari sekitar 2700-539 SM. Tablet yang bertuliskan huruf paku itu ditemukan selama proses penanaman di pertanian pribadi di daerah Ramhormoz, provinsi Khuzestan.

“Menurut pemeriksaan yang dilakukan oleh ahli dari Kementerian Cagar Budaya, Pariwisata, dan Kerajinan, benda tersebut telah dinilai hingga saat ini dari zaman Elam,” kata komandan polisi yang bertugas dalam menjaga warisan budaya itu. 

Namun sayangnya, pejabat itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang potongan dokumen prasejarah tersebut. Dokumen dari periode kedua, yang berlangsung dari abad ke-16 hingga ke-8 SM, ditulis dalam huruf paku. Tahap bahasa yang ditemukan dalam dokumen-dokumen ini terkadang disebut Elam Lama (Zaman Perunggu Awal).

Periode terakhir teks Elam adalah masa pemerintahan raja-raja Achaemenian di Persia pada abad ke-6 hingga ke-4 SM. Dalam prasasti mereka, menggunakan bahasa Elam, bersama dengan bahasa Akkadia dan Persia Kuno. 

Halaman berikutnya...