Kondisi menguatnya mata uang dollar AS terhadap rupiah menjadi "kesempatan" manis bagi pariwisata Indonesia. Wisatawan nusantara jadi lebih memilih untuk melancong di dalam negeri.
Tambahan lagi, semakin menguatnya penggunaan media sosial di kalangan orang Indonesia. Media sosial selama ini memang terbukti ampuh mempromosikan suatu destinasi wisata.
Beragam destinasi wisata anti-mainstream di Indonesia pun bermunculan. Berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang tergolong "baru" dan mulai naik daun pada tahun 2015.
1. Sumbawa
Momentum "Tambora Menyapa Dunia" berhasil membuat pandangan wisatawan Indonesia melirik ke Pulau Sumbawa. Sebuah pulau yang kalah tenar dengan saudaranya, Pulau Lombok. Padahal keduanya sama-sama berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Acara "Tambora Menyapa Dunia" sendiri diselenggarakan dalam rangka peringatan dua abad letusan Gunung Tambora (meletus pada April 1815). Saat acara tersebut berlangsung, Pulau Sumbawa tepatnya di kawasan Gunung Tambora begitu ramai dan meriah.
Gunung tersebut pun ditetapkan sebagai taman nasional. Presiden Jokowi sendiri berharap setelah "Tambora Menyapa Dunia", Festival Tambora dapat berlangsung setiap tahun dalam rangka mempromosikan pariwisata Sumbawa.
Selain Gunung Tambora, Pulau Sumbawa menyimpan potensi wisata yang memukau. Sebut saja Pulau Satonda, Pulau Kenawa, dan Pulau Moyo. Wisata alam dan budaya menjadi andalan Sumbawa.!break!
2. Banyuwangi
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam lima tahun belakangan serius menggarap sektor pariwisatanya. Banyuwangi yang berada di Provinsi Jawa Timur, selama ini hanya dipandang sebagai daerah perlintasan untuk menyeberang ke Pulau Bali.
Salah satu cara promosinya adalah setiap bulan rutin dilangsungkan festival wisata. Tahun ini, Banyuwangi bagai tengah mulai memanen hasil jerih payah promosi pariwisata selama bertahun-tahun.
Beberapa destinasi di Banyuwangi pun menjadi incaran pelancong Indonesia, terutama di kalangan anak muda.