10 Danau Tertinggi di Indonesia

By , Selasa, 5 Januari 2016 | 12:00 WIB

Sebagai negeri kepulauan yang membentang begitu panjang, Indonesia dikaruniai berjuta keistimewaan dan keindahan. Tak hanya luas dan terdiri dari bermacam pulau, Indonesia juga negeri yang dikaruniai daratan yang bergelombang, bergunung-gunung, dengan keelokan luar biasa.

Nah, di antara pegunungan-pegunungan yang menjulang itulah, terdapat keindahan lain berupa danau-danau air tawar yang letaknya begitu tinggi. Dilansir dari situs resmi kementerian pariwisata Indonesia, www.indonesia.travel, Inilah 10 danau tertinggi di Indonesia.

1. Danau Habema (3321 m)

Berada di tengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Papua. Danau ini berada di ketinggian 3321 meter di atas permukaan laut. Danau ini sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Trikora. Dengan dikelilingi vegetasi alam pegunungan berupa anggrek dan apabila cuaca cerah anda dapat melihat gagahnya puncak Trikora.

2. Danau Kumbang (2702 m dpl)

Terletak di Gunung Masurai, Jambi. Di daerah gunung Masurai ini terdapat dua danau yaitu danau Kumbang dan danau Mabok. Dari danau Kumbang kita bisa melihat keindahan alam hutan hujan Sumatra dan Gagahnya Gunung Kerinci.!break!

3. Danau Ranu Kumbolo (2469 m)

Keheningan pagi di Ranu Kumbolo 2400 mdpl (Heru Supraptono/fotokita.net)

Terletak di kaki Gunung Semeru, dibanding dengan Ranu Pani dan Ranu Regulo, Danau ini yang paling sering dikunjungi oleh para pendaki yang hendak mendaki puncak Semeru. Danau ini berada di ketinggian 2469 meter di atas permukaan laut dengan suhu 1-5 derajat Celcius pada malam hari.

4. Danau Ranu Regulo (2256 m)

Masih di kaki Gunung Semeru, terletak tidak jauh dari Danau Ranu Pani, danau ini berada di ketinggian 2256 meter di atas permukaan laut.

5. Danau Tage (2192 m dpl)