Spesies Baru Laba-laba Merak 'Nemo', Punya Gaya Unik Saat Masa Kawin

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 8 Desember 2021 | 14:00 WIB
Spesies baru laba-laba merak, Maratus nemo, dideskripsikan dari sekitar Gunung McIntyre dan Nangwarry, Australia Selatan (jantan digambarkan di sini). (Museum Victoria/ Daily Mail)

Nationalgeographic.co.id—Spesies baru laba-laba merak yang menggemaskan dinamai menurut karakter ikan badut Pixar, Nemo berkat wajahnya yang berwarna oranye cerah dengan garis-garis putih di atasnya.

Spesies baru ini yang diberi nama ilmiah Maratus nemo, hanya seukuran sebutir beras memiliki panjang lebih dari 4 mm, ditemukan oleh Sheryl Holliday, ilmuwan warga di Australia Selatan dan petugas lapangan ekologi untuk Nature Glenelg Trust.

Garis-garis oranye dan putihnya yang berwarna-warni, menurut para ilmuwan digunakan untuk menarik pasangan selama kawin. Laba-laba merak termasuk dalam genus Maratus, yang menjadi terkenal dalam dekade terakhir karena memiliki warna-warna paling cerah di bumi. 

Hal ini seperti dijelaskan dalam studi baru yang diterbitkan di Evolutionary Systematics, yang ditulis oleh Joseph Schubert, penggila laba-laba Australia.

"Maratus nemo memiliki wajah oranye yang sangat cerah dengan garis-garis putih di atasnya. Terlihat seperti ikan badut, jadi saya pikir Nemo akan menjadi nama yang sangat cocok untuk itu," kata Schubert, seorang arachnologist dari Museum Victoria seperti dikutip Daily Mail.

Anehnya, Maratus nemo ditemukan di kompleks lahan basah sementara di vegetasi berawa di perairan dangkal. Tidak ada spesies Maratus lain yang diketahui menempati habitat seperti itu.