Laba-laba Jantan Ini Tertarik pada Betina bak Planet Mengorbit Bintang

By Wawan Setiawan, Sabtu, 18 Desember 2021 | 07:00 WIB
Laba-laba Trichonephila betina (kiri) di samping laba-laba jantan yang jauh lebih kecil (kanan). (MPI of Animal Behavior/ Alex Jordan)

Nationalgeographic.co.id - Laba-laba penenun bola emas jantan kecil menghadapi tantangan yang cukup besar saat mencari pasangan. Dia memiliki ukuran yang kecil di hadapan betina yang besar, tetapi harus hati-hati memasuki jaringnya dan mendekatinya tanpa diketahui, karena betina kanibalistik akan membunuh dan memakannya jika dia membuat satu gerakan yang salah di jaringnya.

Ditambah lagi, adanya persaingan yang dia hadapi dari pejantan lain yang juga berada di arena jaring yang rumit, dan Anda memiliki masalah pengoptimalan kompleks yang bahkan analis manusia akan menganggapnya menakutkan. Namun laba-laba kecil ini hampir tidak memiliki apa yang kita kenal sebagai otak. Lalu bagaimana cara mereka mengelolanya?

Ini adalah pertanyaan yang telah memikat Alex Jordan dan anggota labnya di Institut Perilaku Hewan Max Planck selama lebih dari satu dekade. Sekarang, ia bekerja sama dengan para peneliti dari Weizmann Institute of Science, membuat mereka berada lebih dekat ke sebuah jawaban. Hasil  penelitian mereka sendiri telah diterbitkan di jurnal PNAS pada 07 Desember 2021 dengan menuliskan judul Spatiotemporal dynamics of animal contests arise from effective forces between contestants.

Solusinya tampaknya terletak pada daya tarik hewan, atau lebih tepatnya, pada kekuatan fisik efektif yang dialami jantan dan betina pada permukaan elastis jaring laba-laba.

Baca Juga: Mengenal Laba-laba 'Halloween' yang Tubuhnya Mirip dengan Labu

Para pejantan laba-laba penenun bola sedang bersaing memperebutkan si betina. Pejantan yang kecil, justru membuat betina menjadi mudah mencari makan jika dia lapar. (Wikipedia)

"Konsep awal kami adalah untuk mengeksplorasi gagasan bahwa laba-laba yang bergerak di jaring berperilaku seperti elektron yang mengorbit inti, atau planet yang mengorbit bintang," kata Jordan, yang memimpin Lab Ekologi Perilaku Integratif di Institut Perilaku Hewan Max Planck, dan ia juga sebagai co-penulis senior pada penelitian ini. Dari ide awal inilah, sebuah program penelitian lahir, memimpin kedua tim untuk mengembangkan model fisik dan melakukan eksperimen di hutan hujan Panama.

Sementara rincian fisika yang tepat pada akhirnya menyimpang dari tingkat atom dan kosmis, konsep ini terbukti sangat berguna.

"Bayangkan elektron mengorbit inti, atau bintang masif di luar angkasa, begitu besar sehingga menghasilkan medan gravitasinya sendiri yang menarik benda-benda di sekitarnya—perempuan kanibal raksasa dapat dianggap dengan cara yang sama," kata Jordan.

Ia pun melanjutkan, "Sekarang bayangkan planet, satelit, atau komet yang lebih kecil mendekati kekuatan menarik ini—ini adalah jantan kecil dan pemberani kita. Mendekati bintang (atau wanita) terlalu cepat, atau pada sudut yang salah, dan Anda berisiko terjebak dalam daya tariknya yang menarik. Pada skala kosmis, ini akan menghasilkan tabrakan kosmis yang menguapkan planet ini. Untuk laki-laki pemberani, pendekatan yang salah berarti jatuh ke dalam daya tarik yang fatal dan berakhir sebagai mangsa.”

Baca Juga: 'Jupiter Terpanas' Ini Miliki Orbit Terpendek dari Semua Raksasa Gas

“Bekerja di hutan hujan Panama, saya telah melihat pejantan yang terlalu bersemangat menjadi korban betina kanibalisme berkali-kali, terutama ketika mereka mengambil jalan yang salah, atau mendekati betina terlalu cepat,” kata Sylvia Garza, salah satu penulis buku tersebut. Studi, yang menghabiskan berbulan-bulan di Panama sebagai mahasiswa master merekam perilaku laba-laba jantan dan betina, kemudian menggunakan pendekatan pembelajaran mesin untuk melacak setiap gerakan mereka.