Robot Baru Ini Punya Ekspresi-Ekspresi Wajah yang Sangat Mirip Manusia

By Utomo Priyambodo, Rabu, 8 Desember 2021 | 16:00 WIB
Robot humanoid bernama Ameca. (Engineering Arts)

Nationalgeographic.co.id—"Robot berbentuk manusia tercanggih di dunia" telah diluncurkan dalam sebuah video yang dirilis oleh perusahaan robotika Inggris, Engineered Arts. Penampilan dan kemampuan robot ini benar-benar luar biasa.

Bernama Ameca, robot ini mampu memamerkan sejumlah ekspresi wajah yang beberapa di antaranya merupakan ekspresi robot yang paling meyakinkan dan paling mirip manusia hingga saat ini. Ekspresi-ekspresi ini ditampilkan lengkap dengan gerakan otot sintetis dan kontrol motorik halus yang sebelumnya hanya bisa ditiru oleh manusia.

Ameca saat ini merupakan platform uji untuk inovasi ekspresi. Namun perusahaan memiliki visi untuk menggabungkan bentuk robot ini dengan AI onboard, sehingga dapat berinteraksi dan merespons orang-orang yang berbicara dengannya, dan bahkan dapat mengenali ekspresi wajah mereka juga.

Robot humanoid ini dirancang sebagai platform terbuka untuk mengembangkan perangkat lunak dan meningkatkan perangkat keras. Selain itu, robot ini juga hendak menyediakan "antarmuka alternatif" dengan dunia digital yang bukan hanya layar.

"Alih-alih melihat layar dan mengetik di keyboard, kita seharusnya dapat berkomunikasi dengan teknologi kita dengan cara yang lebih manusiawi—mesin harus memahami senyuman, gerakan kepala, atau isyarat tangan," tulis Engineered Arts sebagaimana diberitakan oleh IFL Science.

"Robot-robot membutuhkan wajah dan tangan untuk berkomunikasi dengan kita—karena itu jauh lebih alami dan mudah dipahami."