Panggangan Tanah Asal 1.650 Tahun Silam, Ungkap Budaya Romawi Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 10 Desember 2021 | 15:00 WIB
Panggangan tanah ditemukan di Assos. (DHA/ Arkeonews)

Nationalgeographic.co.id—Penggalian di Kota Kuno Assos, sebuah pemukiman kaya pada masa itu yang juga menjadi rumah bagi para pemikir terkenal di zaman kuno banyak ditemukan penemuan menarik.

Kota ini terletak di dalam perbatasan Desa Behramkale di distrik Ayvacık, provinsi anakkale di Turki barat. Dalam penggalian kota kuno Assos, di mana peradaban Lidia, Persia, Pergamon, dan Romawi mendominasi ditemukan pemanggang tanah dan bahan dapur dari periode Romawi. Temuan itu berasal dari 1650 tahun yang lalu.

Francis H. Bacon adalah orang yang menemukan kota kuno Asos. Dia merupakan arsitek Amerika selama penggalian yang dilakukan oleh Institut Arkeologi Amerika pada tahun 1880-1883.

Dikutip Arkeonews, penggalian tahun ini dilakukan oleh Prof. Dr. Tim, Kepala Departemen Arkeologi Fakultas Seni dan Sains Universitas Anakkale Onsekiz Mart yang terdiri dari 15 orang dipimpin oleh Nurettin Arslan.

Kepala Penggalian, Profesor Nurettin Arslan mengatakan penggalian yang dilakukan oleh berbagai alat batu seperti pemotong, pengikis, dan ditemukan selama, yang diperkirakan berusia sekitar 300 ribu tahun dari periode Paleolitik Bawah dan Tengah.

“Dengan alat-alat batu ini, jejak kehidupan ribuan tahun lalu ditemukan di kawasan itu,” katanya.