Siapa Saja yang Pernah Meregang Nyawa di Niagara?

By , Minggu, 24 Januari 2016 | 11:00 WIB

Bobby Leach yang selamat setelah mengarungi Niagara dan akhirnya mati akibat terpeleset kulit jeruk bukanlah satu-satunya orang yang mencoba mengarungi air terjun ini pada 1911. Menggunakan berbagai alat, orang dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba mengejar ketenaran dan uang dari aksi membahayakan ini.

24 Oktober 1901Annie Edson Taylor adalah orang pertama yang berhasil mengarungi air terjun ini dengan menggunakan tong kayu. Tak seperti Bobby yang menggunakan tong baja, Annie menggunakan tong kayu kedap udara. Setelah masuk ke dalam tong tersebut, tekanan udara di dalam tong dimampatkan menjadi bertekanan 30 psi dengan menggunakan pompa sepeda.

Walaupun mengalami lebam di sekujur tubuh, tak seperti Bobby yang harus dilarikan ke rumah sakit, Annie tetap bisa berjalan keluar dari tong. Ia mengharapkan ketenaran dan uang yang melimpah dari aksi ekstremnya ini. Namun, akhirnya Annie wafat dalam keadaan miskin.

4 Juli 1928“Smiling Jean” Lussier selamat dengan terjun menggunakan bola karet raksasa.

11 Juli 1920Charles G. Stephens, seorang pria berkebangsaan Inggris, melengkapi tong kayunya dengan landasan penempa besi untuk menambah bobot. Ia bahkan mengikatkan diri ke landasan tersebut dengan alasan keselamatan. Setelah aksi ini dilakukan, hanya tangan kanan Charles-lah yang tersisa, terikat di tong tersebut.

5 Juli 1930Pelayan berkebangsaan Yunani bernama George L. Statakis mati kehabisan napas setelah tongnya terjebak di belakang air terjun selama 14 jam.

30 Juni 1961Nathan Boya terjun dalam alat serupa bola.

3 Juli 1984Orang Kanada pertama yang mengarungi Niagara adalah Karel Soucek. Ia selamat dalam aksi itu, namun pada saat melakukan reka ulang aksinya di Houston Astrodome, ia tewas setelah tongnya membentur tepian tangki air.

!break!

Air Terjun Niagara di bagian Kanada. (Micha L. Rieser/Wikimedia Commons)

18 Agustus 1985Seorang bartender dari Rhode Island bernama Steven Trotter terjun dengan menggunakan tong yang dililit oleh ban dalam. Ia didenda 5.503 USD pada masa itu.

5 Oktober 1985John “Super Dave” Munday, seorang mekanik asal Kanada, sukses mengarungi air terjun dengan tong miliknya. Tak cukup sekali, ia melakukan aksinya lagi pada 26 September 1993 dan berhasil.

28 September 1989 Dua orang penduduk Air Terjun Niagara Ontario, Peter De Bernardi dan Jeffery James Petkovich berhasil mengarungi air terjun secara berdua, untuk yang pertama kalinya.

1 Oktober 1995Robert Overcracker mengendarai jetksi menuju air terjun untuk membantu meningkatkan kesadaran bagi para tuna wisma. Parasutnya tak mengembang dan ia terjun menuju kematian. Alih-alih kesadaran bagi tuna wisma, Robert malah membangun kesadaran akan rancangan parasut yang lebih baik.