Ah, Senangnya Berkeluh Kesah Kepada Jokowi Lewat Media Sosial

By , Jumat, 29 Januari 2016 | 12:00 WIB

"Horeee! Tweet kita dapat tanggapan langsung dari Presiden nih."

"Wah, yang benar, Mas," kata Yunaidi, fotografer National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler (@yunaidijoepoet).

"Lihat aja tuh di Twitter," timpal saya.

Tetiba kami sibuk memandangi akun resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Benar saja, orang nomor satu di negara ini baru menanggapi keluh kesah kami (yang mungkin oleh sebagian orang dipandang sebagai tuduhan) lewat jejaring sosial Twitter. Sang Presiden berkicau, seperti ini:

Akun instagram saya yang resmi ini: http://instagram.com/jokowi . Yang lain bukan akun saya lho ya -Jkw

Akun resmi Instagram Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Instagram)

Sekalipun tidak me-mention akun resmi kami (@NGIndonesia), kami meyakini kicauan Sang Presiden adalah jawaban resmi atas keluh kesah kami yang disampaikan melalui media sosial. Jelang malam kemarin, (28/1), kami sempat menyampaikan keberatan kami kepada Presiden. Bunyinya seperti ini:Bapak Presiden @jokowi kami mendapati foto pada instagram Bapak diduga memiliki kesamaan dengan foto karya kami.

Akun Twitter @NGIndonesia (Twitter)

Tentu saja, kicauan kami itu segera mengundang perdebatan panas di media sosial. Ada saja komentar dan masukan yang kami terima melalui notifikasi akun Twitter kami. Namun, tidak sedikit pula (malah mendominasi) kritik, bahkan hujatan, yang kami terima dari netizen. (Saya pikir tidak perlu saya sebutkan akun yang menghujat dan mengkritik kami di sini). Komentar miring itu disampaikan bertubi-tubi, terlebih lagi setelah Presiden memperkenalkan akun resmi Instagramnya, Kamis (28/1) malam.

Menurut catatan Reska K. Nistanto dari Kompas Tekno, kurang lebih satu jam setelah diperkenalkan, akun Instagram Jokowi sudah memiliki sekitar 190.000 pengikut (follower).

Karena masih baru, foto-foto yang diunggah pun baru sedikit, 38 foto. Foto yang diunggah Jokowi adalah foto-foto aktivitasnya sehari-hari, seperti memimpin rapat, menerima tamu kenegaraan, dan kunjungan kerja ke berbagai daerah.

Semalam, Presiden Joko Widodo memperkenalkan akun Instagram resminya. Instagram resmi Presiden RI tersebut menggunakan akun nama sapaan akrabnya, Jokowi (instagram.com/jokowi).