Infeksi dan Vaksinasi Menghasilkan Antibodi Varian COVID-19 Lebih Baik

By Wawan Setiawan, Sabtu, 11 Desember 2021 | 14:00 WIB
Antrean untuk vaksin di stadion kota di Hyderabad, India. (Mahesh Kumar A)

Nationalgeographic.co.id - Pandemi masih terus menyebar, terutama ketika virus corona sedang melonjak, protein berevolusi sehingga membantu virus menyusup ke sel inang dan varian baru yang muncul semakin membantu infeksi menyebar lebih mudah dari orang ke orang. Akibatnya, antibodi yang dikembangkan setelah infeksi awal atau setelah vaksinasi mungkin tidak cukup untuk melindungi tubuh seseorang dari varian baru yang muncul ini.

Namun, penelitian terbaru dari UCLA (University of California Los Angeles) telah menemukan  bahwa kombinasi antara vaksinasi dan infeksi yang didapatkan secara alami tampaknya dapat meningkatkan produksi antibodi yang kuat secara maksimal terhadap virus penyebab COVID-19.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal peer-review mBio pada 07 Desember 2021 yang berjudul Previous Infection Combined with Vaccination Produces Neutralizing Antibodies with Potency against SARS-CoV-2 Variants ini, meningkatkan kemungkinan bahwa booster vaksin mungkin sama efektifnya dalam meningkatkan kemampuan antibodi untuk menargetkan beberapa varian virus, termasuk varian delta, yang sekarang menjadi strain dominan, dan varian omicron yang terdeteksi baru-baru ini.

Varian virus Covid-19 bermunculan. Vaksinasi berulang mungkin memiliki kapasitas untuk mencapai hal yang sama seperti divaksinasi setelah memiliki COVID-19, menurut para peneliti. (Alison Halliday/TechnologyNetworks)

Studi ini dilakukan sebelum munculnya delta dan omicron, tetapi Dr. Otto Yang, penulis senior studi tersebut, mengatakan bahwa hasilnya berpotensi berlaku untuk itu dan varian baru lainnya.

"Pesan utama dari penelitian kami adalah bahwa seseorang yang telah terinfeksi COVID dan kemudian divaksinasi tidak hanya meningkatkan jumlah antibodi, tetapi juga meningkatkan kualitas antibodi—meningkatkan kemampuan antibodi untuk bertindak melawan varian," kata Yang, seorang profesor kedokteran di divisi penyakit menular dan mikrobiologi, imunologi, dan genetika molekuler di David Geffen School of Medicine di UCLA.

"Ini menunjukkan bahwa paparan berulang terhadap spike protein memungkinkan sistem kekebalan untuk terus meningkatkan antibodi jika seseorang menderita COVID kemudian divaksinasi," sambungnya.

Baca Juga: Seorang Pria Ketahuan Pakai Lengan Palsu Saat Hendak Disuntik Vaksin

Spike protein adalah bagian dari virus yang mengikat sel, kondisi inilah yang mengakibatkan infeksi. Area spike protein disebut domain pengikatan reseptor, atau RBD. Ini memungkinkan virus untuk menyerang sel inang. Wilayah ini juga merupakan target penting untuk antibodi, tetapi mutasi acak pada RBD berarti target yang selalu berubah.

Profesor Yang mengatakan bahwa belum diketahui apakah manfaat yang sama juga akan terwujud untuk orang yang telah berulang kali melakukan vaksinasi tetapi belum tertular COVID-19.

Menurut penelitian, orang yang pernah terinfeksi alami dan menerima vaksin memiliki antibodi berkualitas tinggi yang bekerja melawan varian lonjakan. Ini lebih efektif daripada memiliki antibodi melalui satu mode. (Philippe Lopez/AFP/Getty Images)

Para peneliti membandingkan antibodi darah pada sejumlah 15 orang yang divaksinasi yang sebelumnya tidak terinfeksi SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19. Mereka membandingkannya dengan antibodi yang diinduksi infeksi pada 10 orang yang baru saja terinfeksi SARS-CoV-2 tetapi belum divaksinasi. Beberapa bulan kemudian, 10 peserta dalam kelompok terakhir divaksinasi, para peneliti menganalisis kembali antibodi mereka. Kebanyakan orang di kedua kelompok telah menerima vaksin dua dosis Pfizer-BioNTech atau Moderna.