Relay Robot, Robot Pelayan Hotel yang Sudah Beroperasi di Amerika Serikat

By , Rabu, 10 Februari 2016 | 14:00 WIB

Robot pelayanan ruangan akhirnya datang, sebuah robot pengantar siap mengantarkan semua hal mulai dari Starbucks hingga pasta gigi dan tidak mengharapkan uang tip.

Lain kali ketika kalian memanggil seorang pelayan ruangan untuk meminta handuk tambahan, permintaan kalian akan diantarkan oleh sebuah robot.

Sebuah robot perhotelan milik Savioke dapat membawa segala sesuatu mulai dari pasta gigi hingga starbucks kepada para tamu hotel yang membutuhkan. Dengan menggunakan wifi dan kamera 3Dimensi untuk menavigasi, robot ini siap mengantar semua kebutuhan para tamu hotel tanpa mengharapkan mendapat tambahan uang tip.

baca juga : Peneliti Kesepian Ciptakan Robot Mabuk untuk Teman Minum

Robot ini sudah digunakan oleh beberapa hotel di Amerika Serikat dan dengan pendanaan terbaru sebesar $15 juta, robot ini akan menjadi semakin populer secepatnya.

Sejauh ini, 12 buah robot ini telah digunakan di Amerika Serikat menurut Ars Technica dan digunakan setidaknya di lima dari merek hotel ternama di dunia.

Robot ini sudah digunakan di beberapa hotel di Amerika Serikat. (Savioke)

Hotel-hotel tersebut termasuk Residence Inn oleh Marriot Los Angeles LAX/ Century Boulvard, dimana robot ini sudah digunakan secara rutin untuk mengirim dan juga mengirimkan kopi-kopi untuk para tamu dari Starbucks yang berada di lobby hotel.

Resmi disebut dengan 'Relay' meskipun sudah mendapatkan julukan tersendiri dari beberapa hotel, robot yang berdiri setinggi tiga kaki ini memiliki sebuah kompartemen di bagian atasnya yang dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang yang akan dibawakan.

Ketika para tamu membuat sebuah panggilan untuk pelayanan kamar, staff hotel akan mengumpulkan barang yang diminta dan mengemasnya ke dalam robot Relay.

Setelah mengetahui nomor kamar, robot ini akan pergi sendiri dan dengan menggunakan lift nirkabel dan menuju kamar dengan menggunakan wifi dan kamera 3 dimensi.

baca juga : Robot Bisa Mempelajari Hal yang Sama Seperti Bayi

Ketika robot tiba di kamar yang tepat, robot ini akan memanggil ke tamu melalui telepon khusus tamu dan menunggu di depan pintu. Setelah mengantar pesanan, robot akan kembali ke dalam dermaga pengisian.

Savioke sudah menuliskan bahwa robot ini dibuat sebanyak lebih dari 11,000 unit pada tahun lalu yang dapat menempuh jarak sejauh lebih dari 1860 mil (3000 kilometer atau setara dengan lebih dari 70 maraton).