Gerakan Menuju Smart City 2021 Difokuskan untuk Pengembangan 10 Kawasan Wisata Prioritas

By Tim Konten, Jumat, 10 Desember 2021 | 13:32 WIB
Memperkenalkan pemasaran digital akan menjadi program Kabupaten Wakatobi dalam mengembangkan pengrajin kecil tenun di sana. (Rahma Yulianti/Kemenkominfo)

Nationalgeographic.co.id – Dalam rangka mendongkrak pemerataan sektor pariwisata, pemerintah Indonesia telah menetapkan 10 kawasan wisata prioritas untuk dikembangkan. Seluruh kawasan tersebut diharapkan dapat menjadi “Bali Baru”.

Adapun kawasan tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, ada wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Likupang di Sulawesi Utara, Pulau Morotai di Maluku Utara, dan Raja Ampat di Papua.

Namun, mimpi untuk mengembangkan 10 kawasan wisata prioritas tersebut dihantam oleh pandemi Covid-19. Adanya pembatasan aktivitas mengakibatkan sektor wisata terpuruk.

Baca Juga: Kemenkominfo Fokuskan Gerakan Menuju Smart City 2021 untuk Dukung Realisasi 10 Destinasi Wisata Prioritas

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan, pada 2020 Indonesia mengalami penurunan jumlah wisatawan mancanegara hingga 75 persen.

Hal itu berdampak besar bagi kelangsungan sektor wisata dalam negeri. Tercatat, sebanyak 12,9 juta tenaga kerja di industri wisata mengalami pengurangan jam kerja.

Situasi pandemi yang perlahan mulai kondusif pun dianggap menjadi momentum tepat untuk memulihkan kembali sektor pariwisata Indonesia yang sempat terpuruk.

Untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memfokuskan program Gerakan Menuju Smart City 2021 untuk kawasan pariwisata prioritas. 

Baca Juga: Survei Travelport: Ikhtiar Memulihkan Kepercayaan Pejalan di Indonesia

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City adalah program yang bertujuan membimbing kota/kabupaten terpilih dalam menyusun rencana induk (masterplan) pembangunan daerah berbasis smart city.

Program yang bergulir pada 2017 hingga 2018 tersebut telah sukses membimbing 100 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.