5 Hewan Berbisa yang Dapat Menyelamatkan Hidup Anda

By , Jumat, 19 Februari 2016 | 15:00 WIB

Binatang berbisa cenderung mendapatkan citra buruk. Wajar saja, karena racun dari beberapa spesies ini dapat membunuh manusia dalam hitungan menit. Tapi racun yang sama bisa menjadi amat penting dan berguna dalam ilmu pengetahuan dan kedokteran. Inilah hewan-hewan berbisa yang bisa menyelamatkan hidup Anda—tentu saja harus dibawah pengawasan medis khusus.

1. Siput

Kita mungkin tidak berpikir bahwa siput merupakan hewan berbisa. Sebagian besar siput memang tak berbisa, tapi siput kerucut adalah salah satu hewan yang paling beracun di dunia. Siput kerucut biasa ditemukan di sekitar terumbu karang di daerah Indo-Pasifik. Siapa pun yang tersengat oleh salah satu siput ini mungkin memiliki hanya beberapa menit untuk hidup. Meski tubuhnya hanya berukuran 4- 6-inci, tapi racunnya ratusan kali lebih kuat dari morfin. Para ilmuwan masih mencoba untuk mencari tahu cara terbaik untuk memanfaatkan itu.

2.Ular

Ular kobra (Thinkstock)

Bisa ular mungkin yang paling dipahami dan digunakan untuk mengobati serangan jantung, kelainan darah, tekanan darah tinggi, serangan jantung ringan, pembekuan darah, cedera otak dan banyak lagi. Penggunaan bisa ular sebagai obat dimulai sejak ribuan tahun lalu, ketika budaya India dan Cina menggunakan racun kobra. Kemudian pada tahun 1960, Hugh Alistair Reid membuat terobosan. Dia adalah seorang dokter di Malaya ketika ia menemukan bahwa racun dari ular berbisa Malayan bisa membantu pembekuan darah. Keberhasilan ini menginspirasi banyak penemuan-penemuan pemanfaatan racun ular lainnya.

3.Kalajengking

Kalajengking (Thinkstock)

Para peneliti sedang mempelajari bagaimana racun dari beberapa hewan yang berbeda dapat membantu dengan pengobatan dan penyembuhan kanker, dan racun kalajengking adalah kuncinya. Racun kalajengking dipercaya dapat membantu mengecilkan dan memperlambat pertumbuhan tumor. Para ilmuwan juga telah menguji efek racun pada sel kanker.

4.Laba-laba

Laba-laba black widow (Thinkstock)

Racun laba-laba telah terbukti berguna untuk melawan rasa sakit, kanker, distrofi otot dan penyakit lainnya. Laba-laba Black Widow memiliki racun yang paling menguntungkan, tetapi laba-laba lain seperti laba-laba pertapa coklat, laba-laba parson dan laba-laba kantung juga memiliki racun yang bermanfaat. Jika tidak dapat belajar menyukai laba-laba, setidaknya Anda bisa menghargai mereka dari kejauhan.

5.Lebah