Apa Kata Golongan Darah Tentang Anda?

By , Sabtu, 20 Februari 2016 | 10:00 WIB

Darah manusia terbuat dari unsur-unsur dasar yang sama, tetapi ada beberapa hal yang membedakan empat golongan darah. Apa yang membuat empat golongan darah yang berbeda adalah antigen—sistem pertahanan kekebalan tubuh, yang terdapat pada permukaan sel darah merah.

Pada tahun 1930, seorang profesor Jepang bernama Tokeji Furukawa menerbitkan sebuah makalah yang mengklaim bahwa golongan darah individu—A, B, AB dan O—mencerminkan kepribadian dari orang-orang yang memiliki mereka.

Sejak itu, kategorisasi golongan darah  dan  "ketsueki-gata" telah menjadi tertanam kuat dalam budaya Jepang. Televisi dan surat kabar Jepang menawarkan jenis horoskop darah, dan buku yang menjelaskan detail hubungan antara golongan darah dan kepribadian selalu menjadi bestseller.

Tapi seperti astrologi, korelasi ilmiah antara golongan darah dan kepribadian tetap belum terbukti.

 Sudah ada banyak penelitian yang merinci bagaimana jenis darah dapat mengungkapkan pola kesehatan pribadi. Diperkirakan bahwa jenis darah yang berbeda dapat melindungi kita dari penyakit yang berbeda; para ilmuwan telah menemukan hubungan antara jenis darah dan penyakit sejak pertengahan abad ke-20.

Nah, sekarang, simaklah seperti apa kata golongan darah Anda menurut sains, dan untuk bersenang-senang, kami sisipkan ketsueki-gata juga.

Golongan darah A

Tipe A hanya memiliki antigen A pada sel darah merah dan antibodi B dalam plasma; jika Anda memiliki tipe darah A, Anda dapat menyumbangkan sel darah merah untuk tipe A dan AB.

Susunan antigen pada sel darah merah seseorang dapat menentukan berapa banyak hormon tertentu akan dilepaskan. Jika memiliki tipe darah A, Anda lebih mungkin memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi dalam tubuh Anda.

Ada sejumlah risiko kesehatan yang berhubungan dengan tipe darah A, seperti resiko 20 persen lebih tinggi terkena kanker perut dibandingkan dengan jenis O dan B, dan 5 persen peningkatan risiko untuk penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang bergolongan O.

Selain itu, jika memiliki tipe darah A, Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker pankreas dan leukemia, Anda juga lebih rentan terhadap infeksi cacar dan malaria berat. Ironisnya, orang-orang dengan tipe A juga diketahui kurang menarik bagi nyamuk,  jadi ada alasan untuk bersukacita!

Menurut ketsueki-gata, jika memiliki golongan darah A, Anda memiliki beberapa ciri menonjol. Anda tekun, kreatif, rasional, pendiam, sabar dan bertanggung jawab (meskipun Anda juga keras kepala dan tegang).

Golongan darah B