Menengok Patung Buddha Tertua Tiongkok, Terbuat Dari Emas dan Tembaga

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 13 Desember 2021 | 13:00 WIB
Patung Buddha tertua ditemukan di Tiongkok terbuat dari emas dan tembaga. (Shaanxi Academy of Archaeology/ Arkeonews)

 

Nationalgeographic.co.id—Dua patung Buddha paduan emas tembaga ditemukan oleh para arkeolog di barat laut Provinsi Shaanxi, Tiongkok. Penemuan ini menjadi patung Buddha tertua dari jenis ini yang ditemukan di Tiongkok.

Dikutip Arkeonews, dua patung Buddha itu ditemukan bersamaan dengan penggalian pemakaman kuno yang berasal dari Dinasti Han Timur (25-220 Masehi).

Patung-patung itu digali dari enam makam keluarga Dinasti Han Timur. Satu untuk Sakyamuni dan yang lainnya untuk Lima Tathgata. Kedua patung itu juga ditemukan bersama dengan peninggalan budaya lainnya dari 3.600 makam kuno di Provinsi Shaanxi.

“Detail kedua patung itu terungkap. Tinggi total arca Sakyamuni adalah 10,5 sentimeter, diameter alas duduknya 4,7 sentimeter, dan tinggi total Lima Tathāgata adalah 15,8 sentimeter dan lebar 6,4 sentimeter,” ujar para peneliti dari Akademi Arkeologi Shaanxi seperti dikutip Arkeonews pada 11 Desember 2021.

Para arkeolog mengatakan bahwa patung-patung ukiran itu diyakini secara luas mewakili keyakinan agama, namun tidak muncul sampai Periode Enam Belas Kerajaan. Tepatnya dimulai 200 tahun lebih awal dari penemuan-penemuan sebelumnya.