Gerhana Matahari Total, Gerhana Bulan dan Fenomena Langit Lain di Bulan Maret

By , Kamis, 3 Maret 2016 | 17:00 WIB

Bulan Maret menjadi bulan yang paling ditunggu para pengamat langit. Tentunya karena kita di Indonesia akan dapat menyaksikan fenomena alam yang tidak setiap saat melintasi Indonesia. Apalagi kalau bukan Gerhana Matahari Total.

Planet

Di sepanjang bulan Maret ada beberapa planet yang bisa dinikmati dengan mata tanpa alat. Di Bulan Maret, planet Merkurius tidak akan tampak bagi para pengamat. Tapi kita masih bisa menikmati Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

VenusDi Bulan Maret 2016, Venus berada cukup rendah di ufuk. Di awal maret, Venus terbit jam 04:18 WIB di rasi Capricornus. Di akhir Maret, Venus akan terbit pukul 04:48 WIB di rasi Capricornus dan tampak cemerlang di langit dengan kecerlangan dari -3,34 magnitudo di awal bulan dan -3,32 magnitudo di akhir bulan.

MarsPlanet merah ini akan terbit lewat tengah malam pada pukul 22:46 WIB di timbangan rasi Libra. Pada akhir bulan Maret, Mars akan terbit pukul 21:24 WIB di capit si rasi kalajengking Scorpius. Kecerlangannya juga bertambah dari 0,48 ke -0.31 magnitudo selama bulan Maret.

JupiterDi awal Maret, Jupiter akan terbit di timur pada pukul 18:36 WIB dan memiliki kecerlangan -2,02 magnitudo. Planet terbesar di Tata Surya tersebut akan tampak berada tak jauh dari kaki rasi Leo. Di penghujung bulan Maret, Jupiter akan terbit di kaki Leo, si Singa pada pukul 16:25 WIB dengan kecerlangan -1,98 magnitudo. Para pengamat juga akan dapat menikmati Bintik Merah Raksasa Jupiter.

SaturnusDI bulan Maret, Saturnus akan tampak berada di selatan rasi Ophiuchus atau tepat berada di antara kaki si Pembawa Ular. Saturnus terbit tengah malam pukul 00:02 WIB dengan kecerlangan 0,68 magnitudo. Di akhir bulan Maret Saturnus akan terbit pada pukul 22:02 WIB dengan kecerlangan 0,55 magnitudo.!break!

Peristiwa

1 Maret — Bulan – MarsMars dan Bulan berpapasan dekat dan hanya terpisah 3,9 derajat ke arah selatan sehingga keduanya akan tampak berpasangan. Tapi Mars tetap sebuah titik di angkasa.

2 Maret — Bulan – SaturnusKali ini giliran Saturnus dan Bulan berpapasan dekat dan hanya terpisah 3,9 derajat ke arah selatan sehingga keduanya akan tampak berpasangan. Tapi Mars tetap sebuah titik di angkasa.

2 Maret – Bulan Kuartir AkhirBulan terbit tengah malam (00:09 WIB) dan tenggelam siang hari. Bulan tampak dari tengah malam sampai jelang fajar.

7 Maret — Bulan – VenusBulan sabit tipis akan tampak berpasangan dengan Venus dan hanya terpisah 3,5º S.  Bulan sabit akan terbit lebih dahulu pada pukul 04:00 WIB disusul Venus pada pukul 04:25 WIB.

8 Maret — Oposisi JupiterMalam sebelum Gerhana Matahari di tahun 2016, Jupiter akan mengalami oposisi, atau Bumi berada di antara Matahari dan Jupiter. Jupiter akan terbit di timur saat Matahari terbenam, dan terbenam di barat kala Matahari terbit keesokan paginya. Di tengah malam, Jupiter akan berada di zenit atau tepat di atas kepala kita dan planet terbesar di tata Surya ini akan tampak sangat terang di langit malam. Kedua paling terang setelah Venus yang akan terbit sejam sebelum Matahari terbit. Para pengamat bisa menikmati kehadiran Jupiter sepanjang malam beserta satelit-satelit Galilean pengiringnya.