Inilah Wujud Pena Tinta Tertua Sedunia Berusia Satu Milenium

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 15 Desember 2021 | 13:00 WIB
Pena tinta tertua di Irlandia yang terbuat dari tulang dan paduan tembaga. Alat tulis ini unik karena konstruksinya dan digunakan untuk tulisan sekuler bukan untuk manuskrip agama. (Dr Michelle Comber / Clare Herald via Live Science)

Nationalgeographic.co.id—Seorang arkeolog asal Irlandia telah menemukan pena tinta tertua yang pernah ditemukan di Irlandia berasal dari 1.000 tahun lalu. Dr Michelle Comber dari Universitas Nasional Irlandia (NUI) Galway menemukan pena saat melakukan penggalian dalam lapisan arkeologi abad ke-11 di ringfort Caherconnell Cashel, County Clare, Irlandia.

Sebagai informasi, pemukiman itu sering digunakan terus menerus sampai awal abad ke-17 adalah rumah bagi penguasa lokal kaya yang membangun pendapatan mereka dari pertanian dan perdagangan yang sukses.

Pena itu memiliki tong tulang berlubang dan pena paduan tembaga Ini menyebabkan perdebatan saat ditemukan karena dianggap sebagai pena tertua dari jenisnya yang pernah ditemukan di Irlandia.

Sementara itu, penemuan pena menunjukkan bukti literasi awal dalam masyarakat Irlandia. Hampir semua bukti literasi awal di Irlandia dikaitkan dengan Gereja Katolik.

Mengingat ringfort adalah rumah dari petani kaya-penguasa, yang mungkin tidak mengherankan bahwa perangkat ini akan ditemukan di situs tersebut. Tapi apa yang tidak biasa dalam penemuan ini? Dr Comber mengatakan pena itu ditemukan di lingkungan sekuler, bukan di lingkungan agama.

Menurut sebuah laporan di Clare Herald, pena itu ditemukan di antara alat-alat pengerjaan dan pengerjaan logam yang bagus, hingga barang-barang perdagangan, permainan, dan musik di situs ringfort di Irlandia.