Ilmuwan Bikin Kuesioner untuk Identifikasi Apakah Kucing Anda Psikopat

By Utomo Priyambodo, Rabu, 15 Desember 2021 | 09:00 WIB
Kucing dan manusia. (USNEWS)

Nationalgeographic.co.id—Apakah kucing Anda adalah seekor hewan yang psikopat? Para ilmuwan telah menyusun sebuah kuesioner yang bisa memberi Anda gambaran mengenai apa yang dipikirkan kucing Anda

Jawaban dari kuesioner ini akan membentuk gambaran yang dikenal sebagai model psikopati triarkis. Model ini mengukur tingkat keberanian, kekejaman, dan rasa malu untuk menilai kecenderungan psikopat secara keseluruhan. Biasanya, tes ini untuk manusia, tapi di sini diterapkan pada kucing.

Setelah selesai mengisi survei kuesioner yang dapat Anda temukan secara online, Anda akan diberikan hasil pengukuran CAT-Tri+ untuk tingkat psikopati hewan peliharaan Anda. Tim ilmuwan berharap bahwa para pemelihara kuncing yang mengetahui skor ini dapat meningkatkan hubungannya dengan kucing peliharaannya tersebut.

"Kucing kami dan perbedaan kepribadian mereka menginspirasi kami untuk memulai penelitian ini," kata psikolog Rebecca Evans, dari University of Liverpool di Inggris, seperti diberitakan Motherboard.

"Secara pribadi, saya juga tertarik pada bagaimana persepsi pemilik kucing terkait psikopati pada kucing mereka dapat mempengaruhi hubungan kucing-pemilik. Skor Gumball kucing saya relatif tinggi pada skala disinhibition - yang berarti dia bisa sangat vokal, mencari kedekatan dan bersemangat."

Kuesioner ini menanyakan informasi tentang seberapa suka berpetualang kucing Anda saat menjelajah, bagaimana ia bereaksi terhadap bahaya, dan bagaimana ia merespons kucing lain. Selain itu ada juga pertanyaan apakah ia membutuhkan stimulasi konstan atau tidak, dan seberapa baik ia mengikuti aturan rumah.