Film Bekas Rontgen dan Floppy Disk Bekas Tak Aman untuk Saksikan Gerhana Matahari

By , Kamis, 10 Maret 2016 | 11:30 WIB

Banyak cara dilakukan oleh warga untuk dapat menikmati Gerhana Matahari, Rabu (9/3/2016) lalu. Tanpa kacamata khusus gerhana, berbagai benda mereka gunakan agar bisa menyaksikan fenomena langka ini.

Dibanding warga yang mengenakan kacamata khusus, ada lebih banyak warga yang menggunakan alat seadanya untuk melihat gerhana. Mereka menggunakan hasil foto rontgen, negatif film, atau floppy disk bekas.

(Baca: Masker Las, Selendang, hingga Bungkus Makanan sebagai Ganti Kacamata Gerhana)

Dikutip dari Kompas.com"Dari pada beli mahal, orang jual sama sama sampai Rp 100 ribu. Mending saya pakai ini," kata Azis, warga Palu, Sulawesi Tengah sambil menunjukan potongan foto rontgen.

Hal senada juga dikatakan oleh Rudi, salah seorang anak yang menyaksikan gerhana matahari dari Pasar Kartasura, Solo. "Harganya mahal kacamatanya itu mas, jadi ya pakai ini saja, gratis," katanya.

Seorang pengamat Gerhana Matahari Total di Balikpapan, Damayanti Adidarma (67) menyaksikan Gerhana Matahari Total dengan memanfaatkan floppy disk tua.

(Baca: Saksikan Gerhana Matahari Total, Ibu Ini Pakai Floppy Disk Tua)

Sebenarnya cara-cara tersebut  tergolong tak aman dan bahkan terlarang untuk mengamati Gerhana Matahari. Dilansir dari situs ekliptika.wordpress.com, melihat gerhana Matahari melalui “filter” dari selembar film sinar–X / Roentgen bekas tidak dianjurkan. Begitu pula dengan menggunakan “filter” yang terbuat dari floppy disk bekas dan negatif film berwarna yang sudah dicuci fotografis.  

Sebab, meski memperlemah cahaya Matahari yang melewatinya, namun jumlah cahaya Matahari yang ditransmisikan masih jauh lebih besar dibanding ambang batas yang diperkenankan.

"Kalau mau melihat matahari agak lama itu amannya pakainya kacamata dengan filter Neutral Density 5," kata Thomas dalam Jumpa Pers Gerhana Matahari Total 2016 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

(Baca: Risiko Serius jika Nekat Memandang Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang)

Kacamata itu berfungsi untuk mereduksi pancaran sinar matahari hingga 100.000 kali sinar matahari. 

Lalu, bagaimana jika tak ada filter ND 5?