Ikan yang Sangat Langka Terekam Kamera, Kepalanya Tembus Pandang

By Utomo Priyambodo, Rabu, 15 Desember 2021 | 08:00 WIB
Ikan barreleye yang kepalanya tembus pandang. (MBARI, 2004)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan baru-baru ini menangkap gambar seekor ikan dengan kepala bulat yang tembus pandang dan mata seperti bola hijau mengintip dari dahinya. Mereka melihat ikan itu hidup ratusan meter di bawah permukaan Teluk Monterey di lepas pantai California, Amerika Serikat.

Makhluk aneh yang dikenal sebagai ikan barreleye (Macropinna microstoma) itu sangat jarang terlihat. Para peneliti di Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) hanya melihat spesies itu sembilan kali, meskipun telah mengirim kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) di lebih dari 5.600 penyelaman di habitat ikan itu, sebagaimana yang dipaparkan dalam tweet MBARI pada 9 Desember.

Pekan lalu tim ilmuwan mengerahkan ROV Ventana MBARI dan akhirnya melihat seekor ikan barreleye yang sedang berenang di dalam air.

Pada saat itu, ROV tersebut sedang berlayar pada kedalaman sekitar 650 meter di Monterey Submarine Canyon, salah satu ngarai bawah laut terdalam di pantai Pasifik.

"Barreleye itu pertama kali muncul sangat kecil di kejauhan yang biru, tapi saya langsung tahu apa yang saya lihat. Itu tidak bisa disalahartikan sebagai hal lain," kata Thomas Knowles, seorang aquarist senior di Monterey Bay Aquarium, seperti dikutip dari Live Science.

Saat dengungan kegembiraan berdesir di ruang kontrol, Knowles menjaga kamera ROV itu tetap fokus sementara pilot ROV Knute Brekke mengarahkan robot bawah air ke arah ikan tersebut. "Kita semua tahu bahwa ini mungkin pengalaman sekali seumur hidup," karena makhluk yang sulit dipahami itu sangat jarang terlihat, kata Knowles.