Menantang Teori Terbesar Einstein dengan Bintang Ekstrem, Hasilnya?

By Wawan Setiawan, Rabu, 15 Desember 2021 | 15:00 WIB
Teleskop radio CSIRO Parkes di malam hari, salah satu teleskop yang digunakan dalam studi terbaru ini. (CSIRO/A. Cherney)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti di University of East Anglia dan University of Manchester telah membantu melakukan eksperimen selama 16 tahun untuk menantang teori relativitas umum Einstein. Tim internasional ini mempelajari sepasang bintang ekstrem yang disebut pulsar melalui tujuh teleskop radio di seluruh dunia. Lalu mereka menggunakannya untuk menantang teori Einstein yang paling terkenal dengan beberapa tes yang paling ketat.

Fisika gravitasi dijelaskan paling akurat oleh teori relativitas umum Einstein. Namun, upaya telah gagal untuk menyatukan gravitasi dan mekanika kuantum, menggambarkan alam pada skala terbesar dan terkecil, memotivasi pencarian berkelanjutan untuk kemungkinan penyimpangan dari teori dengan pengujian ketat melalui eksperimen yang berbeda, dari laboratorium hingga pengamatan astronomi. Jika penyimpangan dari teori itu ada, mereka mungkin dapat dideteksi di medan gravitasi yang kuat dari objek padat, seperti bintang neutron dan lubang hitam.

Studi yang sudah diterbitkan di jurnal Physical Review X pada 13 Desember 2021 berjudul Strong-Field Gravity Tests with the Double Pulsar tersebut telah mengungkapkan efek relativistik baru yang diamati untuk pertama kalinya.

Dr Robert Ferdman, dari Sekolah Fisika UEA, mengatakan, "Seberapa sukses teori relativitas umum Einstein yang telah terbukti, kita tahu itu bukan kata terakhir dalam teori gravitasi. Lebih dari 100 tahun kemudian, para ilmuwan di seluruh dunia melanjutkan upaya mereka untuk menemukan kekurangan dalam teorinya. Relativitas umum tidak sesuai dengan gaya fundamental lainnya, yang dijelaskan oleh mekanika kuantum. Oleh karena itu, penting untuk terus melakukan pengujian paling ketat pada relativitas umum, untuk menemukan bagaimana dan kapan teori itu runtuh.”

Menemukan penyimpangan dari relativitas umum akan menjadi penemuan besar yang akan membuka jendela fisika baru di luar pemahaman teoretis kita saat ini tentang Semesta. Dan itu mungkin membantu kita pada akhirnya menemukan teori terpadu tentang kekuatan fundamental alam.

Dipimpin oleh Michael Kramer dari Institut Max Planck untuk Radio Astronomi di Bonn, Jerman, tim peneliti internasional dari sepuluh negara, menguji teori Einstein dengan ujian paling ketat pada sistem pulsar ganda PSR J0737–3039A/B yang merupakan sistem biner dua jalur gerhana.