Google Meluncurkan Preview Android N dengan Fitur Terbaru

By , Senin, 21 Maret 2016 | 17:00 WIB

Google sudah merilis ebuah preview paling terbaru dari versi system operasi ponsel mereka, Adroid N. Dengan beberapa kelebihan seperti split-screen multitasking, meningkatnya daya baterai dan pemberitahuan yang lebih baik.

Biasanya Google merilis preview dari versi terbaru Androidnya dalam sebuah konferensi perusahaan, Google I/O, pada akhir mei . Dirancang untuk memberikan waktu untuk para pengembang menguji aplikasi mereka dan membangun bagian terbaru untuk meningkatkan kemampuan fitur terbaru Android sebelum mereka merilisinya ke pabrik smartphone pada bulan Oktober ini.

Tahun ini, bagaimanapun Google sudah memulai dua bulan lebih awal yang dapat memperbolehkan apra pengguna menguji fitur terbaru mereka.

Pemimpin dari Android, Hiroshi Lockheimer mengatakan, "Lebih awal dari sebelumnya, hal ini akan memberikan kemudahan untuk mencoba dan ketika kita menyebarkannya kepada anda, kami mengharapkan anda bisa memberikan masukkan kepada kami."

Strategi untuk memperlihatkan perbaruan lebih awal juga dapat memberikan sebuah pandangan lebaih awal dalam perubahan system operasi yang paling sering digunakan di dunia.

baca juga : Awas, Ada "Malware" Android yang Tak Bisa Dihapus!

1. Multi Window

Perubahan terbesar yang diperkenalkan adalah sebuah spilt-screen multitasking yang disebut juga dengan Multi-Window. Dengan Multi-Window, para pengguna dapat menggunakan dua aplikasi secara langsung dalam satu layar. Memang ini sudah digunakan selama beberapa tahun oleh para pengguna Samsung saja, namun kali ini hadir di dalam Androiid N.

2. Peralihan Aplikasi yang lebih cepat

Para pengguna dapat melakukan double-tap ke dalam aplikasi yang baru saja digunakan untuk mengubah ke aplikasi yang sebelumnya sudah dilakukan tanpa harus membuka daftar aplikasi yang baru saja digunakan.

3. Sleep and Zoom

Android N akan dilengkapi dengan mode malam atau night mode yang dapat men-block cahaya biru dari ponsel yang dapat mengganggu seseorang dan membuat seseorang tetap terjaga.

Para pengguna juga dapat mengubah ukuran dari ikon da tulisan yang berada di layar dengan menggunaka Android N new zoom slider, yang akan membantu mereka yang membutuhkannya.