Perawatan Berbasis Komputer dan Gawai Kurangi Gejala Depresi

By Maria Gabrielle, Kamis, 16 Desember 2021 | 15:00 WIB
Perawatan berbaris komputer dan gawai tampak efektif untuk mengurangi gejala depresi. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Guna mengurangi gejala depresi pada seseorang salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan psikoterapi tatap muka. Berdasarkan hasil studi baru, perawatan berbaris komputer dan gawai (smartphone) tampaknya efektif untuk mengurangi gejala depresi.

Dilansir dari Medical Xpress, meskipun cara ini masih belum jelas apakah akan seefektif psikoterapi tatap muka, cara ini menawarkan alternatif yang menjanjikan. Apalagi kebutuhan untuk kesehatan meningkat seiring dengan pandemi COVID-19.

“Tahun 2020 menandai 30 tahun sejak makalah pertama tentang intervensi digital untuk pengobatan depresi diterbitkan,” kata Isaac Moshe, MA penulis utama studi ini.

“Ini juga menandai titik perubahan yang tidak tertandingi dalam konversi layanan kesehatan di seluruh dunia dari tatap muka ke solusi digital jarak jauh sebagai respons pandemi COVID-19,” lanjutnya.

Hasil studi telah dipublikasikan dalam jurnal Psychological Bulletin dengan judul Digital interventions for the treatment of depression: A meta-analytic review. Intervensi digital biasanya mengharuskan pasien untuk masuk ke program perangkat lunak, situs web, atau aplikasi untuk membaca, menonton, mendengarkan dan berinteraksi dengan konten yang terstruktur.